.
.
.

Masyarakat Aceh Utara Antusias Sambut Operasi Pasar Gas Sesuai HET

Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) bekerja sama dengan PT. Pertamina Patra Niaga menggelar operasi pasari gas 3 Kilogram di Aceh Utara. (Foto: Dok. Humas)

PORTALNUSA.com | ACEH UTARA – Masyarakat Kabupaten Aceh Utara sangat antusias membeli gas elpiji 3 kilogram (kg) pada acara operasi pasar gas elpiji yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten setempat. Mereka sangat tertarik lantaran bisa memperoleh harga gas Elpiji 3 kg sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yaitu Rp 18.000 per tabung.

Sebagaimana diketahui, operasi pasar tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) bekerja sama dengan PT. Pertamina Patra Niaga sebagai bentuk upaya pemerintah daerah dalam rangka penanganan inflasi serta terjadinya penyimpangan distribusi dan tingginya harga eceran yang melampaui HET.

Operasi pasar gas LPG 3 kilogram ini terus dilaksanakan secara bertahap di seluruh kecamatan mulai Selasa (23/5/2023) lalu dan akan berlangsung hingga Rabu (07/6/2023) mendatang. Hari ini merupakan hari ke 5 yang telah berlangsung di 10 titik kecamatan. Sementara operasi pasar hari ini berlangsung di Kecamatan Matangkuli dan Pirak Timu, sementara Jumat kemarin di Kecamatan Lhoksukon dan Kecamatan Lapang.

“Kami suka beli gas di sini karena harganya murah yaitu Rp 18 ribu. Kalau beli di tempat lain biasanya harga sampai Rp 30 ribu. Harapan Kami kalau bisa harganya bisa diturunkan seperti ini Rp 18 ribu,” kata Anisa (27), warga Gampong Pante, Kecamatan Lhoksukon saat membeli gas elpiji 3 kilogram di acara operasi pasar di Lhoksukon, Jum’at (26/05/2023) kemarin.

Warga lainnya juga menyampaikan hal senada, mereka juga sangat berharap kepada pemerintah daerah agar dapat terus menggelar acara operasi pasar seperti ini agar mereka lebih mudah mendapatkan harga gas Elpiji 3 kg sesuai HET atau harga subsidi ketentuan pemerintah. Untuk itu, masyarakat juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah, terutama PJ Bupati Aceh Utara yang telah menggelar operasi pasar tersebut.

Sebelumnya, Kepala Disperindagkop UKM Aceh Utara Iskandar, S.STP, MSP, dalam surat pemberitahuannya menyampaikan akan melaksanakan operasi pasar ke seluruh kecamatan. Disperindagkop UKM bekerja sama dengan PT Pertamina Patra Niaga memberikan dukungan percepatan implementasi subsidi tepat guna gas LPG 3 kilogram dengan melakukan operasi pasar gas LPG dalam wilayah Kabupaten Aceh Utara.[]