.
.

Dipeusijuek di Masjid Tuha Indrapuri, Ini Harapan Kakanwil Kemenag Aceh

Kakanwil Kemenag Aceh didampingi istri disambut oleh Kakankemenag Aceh Besar di Masjid Tuha Indrapuri menghadiri acara silaturahmi dan adat peusijuek, Sabtu, 3 Juni 2023. (Dok Kanwil Kemenag Aceh)

PORTALNUSA.com | ACEH BESAR – Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Aceh Besar bersilaturahmi dirangkai dengan peusijuek Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, Drs H. Azhari.

Prosesi peusijuek berlangsung di Masjid Tuha Indrapuri, Aceh Besar, Sabtu, 3 Juni 2023. Selain silaturahmi dan peusijuek juga dilakukan peletakan batu pertama pembangunan RKB SBSN 2023 MIN 1 Aceh Besar.

Azhari dilantik sebagai Kakanwil Kemenag Aceh oleh Menteri Agama RI di Jakarta, 9 Mei 2023.

Pada kesempatan itu, Kakankemenag Aceh Besar, H Salman Arifin, SPd, M.Ag mengatakan banyak hal yang perlu dibenahi di Aceh Besar, baik madrasah atau Kantor Urusan Agama (KUA). Terkait lembaga pendidikan masih ada yang swasta sehingga susah dikelola dengan baik.

“Saya yakin Pak Azhari mampu mengkomunikasikan ini ke Jakarta, di Kemenag RI. Insya Allah kita sama-sama membawa Kemenag jadi lebih baik,” kata Salman dalam sambutannya.

Berharap dukungan

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H Azhari mengapresiasi sambutan Kemenag Aceh Besar, semoga Allah membalas semua kebaikan.

“Saya mohon dukungan dalam kepemimpinan Kanwil Kemenag Aceh. Sungguh besar amanah ini, yang membawahi banyak kantor keagamaan di Aceh,” jelasnya.

Kemenag Aceh, katanya, juga mengemban amanah pembinaan balai pengajian, majlis taklim, dayah, organisasi masyarakat (Ormas) Islam dan lainnya. Pembinaan ini penting, supaya satu kata untuk membangun negeri ini.

Azhari mengajak ASN dan masyarakat untuk menjaga kerukunan, apalagi di Kemenag ada ASN nonmuslim yang mengurus bidang keagamaannya.

“Mohon doa dan dukungan, agar tugas besar ini bisa dilaksanakan secara makasimal, sesuai kemampuan, dengan moto ikhlas beramal,” harapnya.

Dia juga berharap Kepala dan Staf KUA melaksanakan tugas sesuai mekanisme dan regulasi yang ada.

Selama ini, katanya, Kemenag melalui KUA telah berkontribusi mencegah peningkatan stunting, melalui bimbingan calon pengantin (Catin), termasuk bekerja sama dengan Puskesmas.

Selain itu, Azhari meminta kepala madrasah dan pihak terkait agar terus melakukan inovasi untuk kemajuan pendidikan.

Acara dihadiri tokoh masyarakat Aceh Besar, Ketua MPU Aceh Besar Prof Dr Mustanir Yahya, Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Besar Rusydi, tokoh sepuh Kemenag Aceh Besar H Silahuddin, Kasubbag Tata Usaha Kemenag Aceh Besar H Khalid Wardana, pejabat dan ASN di lingkungan Kemenag Aceh Besar.[]