.
.
.

Koruptor di Indonesia 1.298 Orang, 87 Persen Lulusan Perguruan Tinggi

Menko Polhukam, Mahfud MD didampingi Sekda Aceh, Bustami dan Rektor Unimal di Unimal Lhokseumawe, Senin, 12 Juni 2023. (Foto Raja Baginda)

PORTALNUSA.com | LHOKSEUMAWE – Jumlah koruptor di Indonesia dilaporkan mencapai 1.298 orang. Dari jumlah itu, 87 persen di antaranya lulusan perguruan tinggi.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pada rapat terbuka dengan Senat Universitas Malikussaleh dalam rangka Dies Natalis ke-54 dan Orasi Dies di GOR ACC Unimal, Senin, 12 Juni 2023.

“Pelaku korupsi di Indonesia dari data per hari ini 1.298 orang, sedangkan lulusan perguruan tinggi itu 17,06 juta. Jadi koruptor dari perguruan tinggi dari lulusannya itu tidak sampai 0,00006,” jelas Mahfud.

Menurutnya, persentase jumlah lulusan perguruan tinggi yang menjadi terpidana kasus korupsi terbilang sangat sedikit.

Namun, jika dilihat dari sudut pandang koruptor sebanyak 1.298 orang, 87 persennya terpidana kasus korupsi dari lulusan perguruan tinggi.

“Dari sudut korupsi, 87 persen terpidana korupsi itu adalah sarjana ke atas. Berarti lulusan perguruan tinggi itu paling dominan korupsi,” ungkap Mahfud.

“Pembahasan ini sebagai pengingat saja karena kita ingin membangun peradaban, dunia yang beradab, karena dunia yang beradab itu ya bebas korupsi,” katanya.

Lantas, menurutnya, perguruan tinggi masih bagus dan Universita Unimal punya prospek yang bagus juga. Peminatnya banyak dari berbagai daerah dan ini bisa menjadi laboratorium pluralisme sekaligus lintas suku, budaya, dan ras. []