Trend Deflasi Terus Bertahan, Aceh Barat Terima Insentif Fiskal dari Mendagri dan Menkeu

Pj Bupati Aceh Barat, Drs Mahdi Efendi, menerima penghargaan Insentif Fiskal untuk Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 dari Mendagri Tito Karnavian dan Menkeu Sri Mulyani, di Jakarta, Senin, 31 Juli 2023. (Foto Diskominsa Aceh Barat for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | JAKARTA – Pemkab Aceh Barat menerima penghargaan Insentif Fiskal untuk Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 dari Mendagri dan Menkeu.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Mendagri Tito Karnavian dan Menkeu Sri Mulyani kepada Pj Bupati Aceh Barat, Drs Mahdi Efendi di Jakarta, Senin, 31 Juli 2023.

Pj Bupati Aceh Barat, Drs Mahdi Efendi berjanji akan tetap konsisten dalam mengendalikan laju inflasi di Aceh Barat dengan tetap mengacu pada instruksi dan arahan Mendagri.

“Kita tetap konsisten untuk terus secara masif mengendalikan inflasi di Aceh Barat, dengan tujuan akhir meningkatkan daya beli masyarakat, melalui berbagai event termasuk pasar murah,” ujar Mahdi.

Menurut Mahdi, pengendalian inflasi bukan hanya melibatkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), namun juga lintas Forkopimda Aceh Barat serta jajaran legislatif sebagai bentuk tanggungjawab bersama untuk rakyat.

Mahdi juga berjanji akan menggunakan Dana Insentif yang diterima atas penghargaan kinerja pengendalian inflasi itu sesuai dengan peruntukan yang telah ditetapkan oleh Kemenkeu serta diketahui oleh Kemendagri.

“Kita gunakan sepenuhnya untuk langkah-langkah pengendalian inflasi, termasuk untuk mewujudkan ketahanan pangan, sejauh masih dalam koridor ketentuan yang ada,”terang Mahdi Efendi.   

Aceh Barat masuk 10 daerah paling rendah laju inflasinya secara nasional. Bahkan sesuai dengan data BPS, Aceh Barat justru mengalami deflasi atau terjadi penurunan angka inflasi dalam enam bulan terakhir.

“Alhadulillah, trend deflasi itu terus bertahan. Kami bersama jajaran terkait juga terus melakukan pemantauan trend harga, serta kondisi stok kebutuhan pokok, dengan harga yang regulatif. Sehingga masyarakat akan dapat menikmati harga kebutuhan pokok yang terjangkau,” kata Mahdi.

Menurut Mahdi, Aceh Barat menjadi kota IHK yang paling rendah se-Indonesia, inflasi bulan ke bulan.

Untuk inflasi tahun kalender di kuartal ketiga tahun 2023, Aceh Barat masih berada di bawah 1 persen dalam kondisi deflasi.

Sesuai dengan data yang dikeluarkan oleh Kemendagri, penghargaan Insentif Fiskal itu diberikan untuk tiga provinsi (DKI, Kalimantan Tengah dan Gorontalo), 24 kabupaten dari 419 kabupaten di Indonesia.

Sebanyak empat posisi teratas diborong oleh empat kabupaten di Aceh, yaitu Aceh Barat, Aceh Besar, Aceh Selatan, dan Gayo Lues.

Penghargaan serupa juga diraih enam Kota dari 98 kota di Indonesia. Salah satu dari enam peraih penghargaan tersebut adalah Kota Langsa.[]