Alhudri: Prestasi Hanya Bisa Tumbuh dalam Iklim Kompetitif dan Fair

Alhudri

PORTALNUSA.com | BLANGKEJEREN – Kadis Pendidikan Aceh, Alhudri, berpesan agar seluruh kompetisi yang diselenggarakan harus kompetitif dan fair karena dalam iklim seperti itu bisa muncul bakat-bakat hebat.

“Tugas kita adalah menciptakan ruang kompetisi yang fair. Jangan utamakan satu anak dan mengorbankan anak lain hanya karena hubungan emosional, terutama kekerabatan,” kata Alhudri di sela-sela penutupan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Aceh di Gayo Lues, Kamis, 3 Agustus 2023.

Alhudri mengatakan, Aceh seharusnya menjadi ladang persemaian, tempat anak-anak tumbuh dan mengembangkan potensi terbaik mereka di pelbagai bidang, tidak hanya di bidang olahraga.

“Itu hanya mungkin terjadi jika kompetisi digelar secara fair,” kata Alhudri.

Alhudri mengajak seluruh pendidik untuk percaya pada kemampuan anak didik. Kemampuan anak-anak Aceh, kata dia, terbukti lewat raihan prestasi di sejumlah ajang di tingkat nasional dan internasinal.

Satu di antaranya adalah pelajar Aceh menjuarai kejuaraan karate di Malaysia. Sebelumnya, pelajar Aceh juga meraih medali pada ajang fisika internasional yang digelar di Jepang beberapa waktu lalu.

“Saya percaya anak-anak kita bakal tumbuh dan berkembang menjadi insan-insan hebat yang memberikan manfaat bagi orang banyak. Mereka hanya butuh kesempatan yang setara. Tidak ada pelajar yang bodoh. Kita hanya perlu jadi guru yang tepat untuk mereka,” kata Alhudri.

Acara ditutup dengan penyerahan medali kepada para pemenang.

Pemenang pertama juga mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 6 juta. Selain itu, mereka juga bakal digembleng untuk berlaga pada kejuaraan sejenis di tingkat nasional beberapa bulan mendatang.[]