Jelang Pemilu 2024, GeRAK Hadapkan Bacaleg dengan Masyarakat

Narasumber dan peserta diskusi ‘Forum Suara Warga’ di Desa Ilie, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, Rabu, 16 Agustus 2023. (Dok GeRAK Aceh for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Gerakan Antikorupsi (GeRAK) Aceh menggelar kegiatan bertajuk ‘Forum Suara Warga’ dengan menghadirkan bakal calon anggota legislatif (bacelg) berdiskusi dengan masyarakat.

Kegiatan pertama digelar GeRAK di Gampong Ilie, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, Rabu, 16 Agustus 2023.

‘Forum Suara Warga’ yang berlangsung di Gampong Ilie menghadirkan tiga narasumber, yaitu Iskandar bacaleg DPRK Banda Aceh dari PPP, Aulia Rahman bacaleg DPRK Banda Aceh dari Partai Golkar, dan Syarifah Rahmatillah bacaleg DPR Aceh dari Partai PAN.

Sebagai pengantar kegiatan, Koordinator GeRAK Aceh, Askhalani mengatakan ‘Forum Suara Warga’ ini merupakan inovasi dari forum temu caleg yang selama ini dilakukan namun hanya bersifat satu arah tanpa timbal balik dari masyarakat.

Selain itu juga sebagai langkah antisipasi menjelang pemilu, pasti akan banyak kasus politik uang. Forum ini juga sebagai wadah penilaian oleh masyarakat terhadap sosok-sosok bacaleg.

Dalam diskusi tersebut, seorang peserta bernama Amri menanyakan alasan ketiga bacaleg maju di Pileg 2024.

Pertanyaan lain juga muncul dari seorang perempuan bernama Yuliana yang meminta tanggapan bacaleg terkait politik uang yang banyak menyerang ibu rumah tangga di masa kampanye. Juga serangan fajar menjelang pemilihan.

Di akhir diskusi, ketiga narasumber bersepakat tidak akan melakukan money politics di Pemilu 2024.

Askhalani menjelaskan, diskusi ‘Forum Suara Warga’ di Gampang Ilie merupakan yang pertama dari lima desa yang menjadi dampingan GeRAK Aceh.

Berikutnya akan berlanjut ke Desa Ateuk Pahlawan, Punge Blang Cut, Merduati, dan Lambadeuk.[]