Dari Ujung Paling Barat Indonesia, Solidaritas untuk Palestina Digaungkan

Berbagai elemen masyarakat memadati Masjid Agung Babussalam Kota Sabang menggaungkan aksi solidaritas untuk Palestina, Kamis, 26 Oktober 2023. (Dok Humas Pemko Sabang)

PORTALNUSA.com | SABANG – Masyarakat dari berbagai penjuru Kota Sabang secara bergelombang menuju Masjid Agung Babussalam, Kota Sabang, Kamis, 26 Oktober 2023. Massa dalam jumlah besar itu berbaur dengan berbagai komunitas, ormas, OKP, dan lembaga Islam menggaungkan aksi solidaritas untuk Palestina yang kini sedang menghadapi gempuran dari zionis Israel.

Selain berkumpul dan menyamakan sikap, juga ada orasi secara bergantian oleh perwakilan ormas dan OKP, termasuk pembacaan puisi dan penggalangan dana kemanusiaan. Aksi ditutup dengan tausiyah dan zikir dipimpinan Tgk Abi Bardi Akarta yang merupakan Pimpinan Dayah Istiqamatuddin Darul Wa’di, Gampong Batee Shok, Sabang.

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi sangat mengapresiasi aksi kemanusiaan itu. Reza larut dalam lautan massa dan ikut menggaungkan aksi solidaritas untuk Palestina.

“Hari ini ada penggalangan dana yang sangat positif karena di sinilah kebersamaan kita. Dengan semangat semua kalangan yang ada di Kota Sabang berupaya dengan solidaritas yang tinggi, ingin berbagi untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Palestina,” kata Reza Fahlevi.

Menurut Reza, seluruh pegawai di lingkungan Pemko Sabang juga tengah melakukan penggalangan donasi. Ia juga mendorong agar penggalangan dana ini terus diperluas, sehingga seluruh masyarakat bisa ikut membantu saudara saudara mereka di Palestina.

Ketua Perwakilan Sabang Komite Nasional Rakyat untuk Palestina Aceh, Albina Arahman menyampaikan tujuan dari aksi ini adalah untuk memperkuat solidaritas umat islam terhadap Palestina.

“Hari Ini proses penjajahan di Palestina sudah sampai pada tahap genosida atau pembunuhan massal, maka kemudian lahir gerakan bersama dengan semangat kemanusiaan untuk Palestina,” jelasnya.

Albina mengatakan, lebih dari dua puluh ormas dan OKP terlibat dalam giat solidaritas ini. Ia menegaskan seluruh ormas maupun OKP yang terlibat sepakat tidak lagi melihat perbedaan pemikiran, perbedaan gerakan antar-ormas maupun OKP namun bergerak bersama untuk solidaritas Palestina.

Dijelaskannya, untuk proses pengalangan dana akan berlangsung satu hingga dua hari ke depan, dengan tetap melihat kondisi di Palestina. Sementara untuk proses penyaluran, nanti akan dilakukan oleh Komite Nasional Rakyat untuk Palestina.

“Bagi masyarakat yang ingin berdonasi dipersilakan, bisa langsung kepada kami atau bisa juga melalui rekening Bank BSI 7277277087 atas nama Komnas Rakyat Palestina dengan tetap melakukan konfirmasi,” demikian Albina.[]