Kebakaran di Geudubang Aceh, 9 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Kondisi bangunan yang musnah terbakar maupun terdampak pada kejadian Sabtu pagi, 18 November 2023. (Foto Saiful Alam/Portalnusa.com)

Laporan Saiful Alam, Kota Langsa

PORTALNUSA.com | LANGSA – Rumah berkonstruksi kayu milik Nurdin Usman (82), di Gampong Geudubang Aceh, Kecamatan Langsa Baro, sekira pukul 09.10 WIB, Sabtu 18 November 2023 musnah terbakar.



Tim Damkar BPBD Kota Langsa memadamkan api dibantu Babinsa Kodim 0104 Aceh Timur, Polres Langsa, dan masyarakat.

Kalak BPBD Kota Langsa, Nursal Saputra mengatakan, pada pukul 09.15 WIB petugas piket Damkar BPBD Kota Langsa menerima laporan dari warga melalui nomor emergency tentang adanya kebakaran, dan langsung menuju ke lokasi.

Sesampai di lokasi api sudah membesar. Penyebab kebakaran masih simpang siur, ada yang menyatakan si pemilik rumah pada pagi itu sedang membakar sampah di depan rumahnya dan ada juga yang menyatakan akibat konsleting listrik.

Kebakaran tersebut menghanguskan seluruh bangunan rumah. Diperkirakan kerugian mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Tim Damkar BPBD menurunkan enam unit armada, terdiri 4 unit armada pemadam api dan 2 tanki suplai. Petugas pemadam melakukan penyiraman dan pendinginan hingga tuntas dan api berhasil dipadamkan dan kondisi kondusif pada pukul 10. 15 WIB.

“Nurdin Usman merupakan pensiunan. Bangunan lain yang terdampak milik Nurdin Karim (50/sopir) dengan tingkat kerusakan rusak ringan. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa namun tiga kepala keluarga dengan jumlah 9 jiwa harus mengungsi ke tempat saudara,” kata Kalak BPBD Langsa. []