Juarai Liga Pamong IKAPTK, Sabang-Jantho FC Mimpi Buruk Manggala FC

Tim Sajan FC bersama para ofisial melakukan selebrasi usai mengalahkan Manggala FC (Tim Provinsi Aceh) 6-3 (2-2), di Lapangan Sepakbola Gampong Ujung Batu, Kecamatan Pasi Raja, Aceh Selatan, Minggu sore, 19 November 2023. (Dok SAJAN FC)

PORTALNUSA.com | TAPAKTUAN – Sabang-Jantho (Sajan) FC menjuarai Liga Pamong Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) setelah pada babak final di Lapangan Sepakbola Gampong Ujung Batu, Kecamatan Pasi Raja, Aceh Selatan, membenam ambisi Manggala FC dengan skor 6-3 lewat drama adu penalti, Minggu  sore, 19 November 2023.

Sajan FC yang dibina oleh Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dan Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi sempat down karena dikocok 0-2 oleh juara bertahan Manggala FC pada 45 menit pertama.

Ketinggalan dua gol, membuat anak-anak Sajan FC yang dimanejeri Bahrul Jamil (BJ) bangkit dan mengobrak-abrik pertahanan Manggala.

Sajan FC yang menurunkan M Basir Embas sebagai penjaga gawang terlihat cukup padu membangun serangan hampir sepanjang babak kedua bermaterikan Ridho, Arju, AbuI, Iman, Akmal, Kimun, Firman, Khalik Mubarak, Jijo dan Sekda Sabang Andri Norman

Pressure ketat untuk mengejar ketertinggalan membuat lini belakang Manggala kelimpungan.

Adalah striker sekaligus juru gedor Khalik Mubarak memborong dua gol Sajan FC, hingga laga final yang menyesakkan itu ditutup imbang 2-2.

Dua gol striker degil Khalik Mubarak mengantarkannya menjadi top score Liga Pamong 2023 dengan mengoleksi 12 gol.

Hingga 2×45 menit kedudukan tetap 2-2 hingga laga final itu harus disudahi lewat adu penalti. Di sinilah awal mimpi buruk tim provinsi, Manggala FC.

Eksekutor Sajan FC yang terlihat  lebih tenang akhirnya menyudahi drama titik putih itu dengan skor 4-1. Sehingga gol agregat menjadi 6-3 untuk Sajan FC, sekaligus meraih status jawara.

Jalan ke podium juara

Manajer Tim Sajan FC, Bahrul Jamil, SSos, MSi, mengatakan, dari babak penyisihan tim Sajan sukses membekak Aceh Tenggara dengan skor 9-1 dan menang 2-0 atas tim Manggala B.

Pada pertandingan perempat final tim Sajan yang dikomandoi Pj Bupati Aceh Besar menang atas ATBM 1-0 dan di semifinal menang 2-0 atas skuad gabungan Asel Abdya.

“Alhamdulillah tahun ini kita tampil superior dan tak terkalahkan,” kata manajer tim Bahrul Jamil yang juga Ketua IKAPTK Aceh Besar didampingi Pelatih Ridwan Jamil SSos MSi, Kalaksa BPBD Aceh Besar.

Sejarah Liga IKAPTK

Pria yang akrab disapa BJ itu, menuturkan, liga ini memiliki arti penting, selain sebagai ajang silaturahmi, juga wujud dari kekompakan dan kebersamaan bagi alumni IKAPTK.

Liga ini, kata BJ merupakan agenda tahunan alumni APDN/ STPDN dan IPDN Aceh yang dimulai sejak 2015.

Tidak semua kabupaten/kota memiliki tim tunggal, namun beberapa memilih bergabung, seperti tim IKAPTK Aceh Besar yang digabung dengan tim Kota Sabang. Begitu juga Pidie yang bergabung dengan Pidie Jaya, Langsa dengan Aceh Timur, Aceh Tengah dengan Bener Meriah.

Turut hadir menyaksikan partai final, Pj Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Efendi, Pj Ketua TP-PKK Aceh Selatan Bd. Yuliani Irvana R., S.Tr.Keb, Ketua IKAPTK Aceh, Ketua IKAPTK se-Aceh, para senior IKAPTK Aceh Selatan, Camat Pasi Raja dan tamu undangan lainnya.

Liga IKPTK 2023 ditutup

Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, SSTP menutup secara resmi Champion Liga Pamong IKAPTK 2023. Sedangkan hadiah dan tropi juara untuk Sajan FC diserahkan oleh Pj Bupati Aceh Barat, Drs Mahdi Effendi.

Dalam kata sambutannnya, Pj Bupati Aceh Selatan menyampaikan terima kasih kepada IKAPTK yang telah mempercayakan Kabupaten Aceh Selatan sebagai  tuan rumah Champion Liga Pamong IKAPTK 2023.

Menurut Cut Syazalisma, keberadaan IKAPTK telah memberi pengaruh positif terhadap tata kelola pemerintahan di Aceh, sehingga perlu terus dipertahankan dan menjadi teladan dalam bekerja.

“Oleh sebab itu, sangat penting melanjutkan tradisi penyelenggaraan Liga Pamong Aceh untuk mencairkan suasana di tengah kesibukan bekerja sehari-hari sebagai aparatur pemerintahan,” demikian Cut Syazalisma.[]