Tentara Zionis Dilaporkan Tahan Tiga WNI Relawan MER-C Indonesia, Begini Penjelasan Kemlu RI

RS Indonesia di Gaza. (Dok MER-C Indonesia)

PORTALNUSA.com | JAKARTA – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI angkat suara atas informasi yang beredar mengenai tiga warga negara Indonesia (WNI) relawan MER-C di Gaza dilaporkan ditahan tentara Israel.

Juru Bicara Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal, sebagaimana dilansir kabar24.bisnis.com mengatakan telah memverifikasi langsung tentang informasi tersebut, dan ketiga WNI itu dalam kondisi baik, dan masih di RS Indonesia di Gaza.

“Kemlu telah memverifikasi langsung berita mengenai penangkapan tiga WNI relawan MER-C di RS Indonesia oleh IDF. Menurut sumber langsung di Gaza, ketiga WNI relawan saat ini dalam kondisi baik dan masih berada di RS Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi kepada awak media, Rabu malam, 22 November 2023.

Dia menjelaskan, tiga WNI tersebut saat ini sedang bersiap-siap untuk melakukan evakuasi ke Gaza Selatan.

Iqbal juga menegaskan bahwa Kemlu RI terus memonitor kondisi tiga WNI tersebut di Gaza yang dilanda peperangan.

Menurut kabar yang beredar sebelumnya, tiga WNI relawan MER-C Indonesia dikabarkan ditangkap tentara Israel di Jalur Gaza, Palestina, Rabu, 22 November 2023.

Adapun tiga WNI yang selama ini berada di RS Indonesia sebagai relawan, yaitu Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanzabil Al Ayubi.[]