Sekda Aceh Besar pada Peringatan Israk Mi’raj: Mari Tingkatkan Kualitas Shalat

Suasana peringatan Israk Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1445 H di Masjid Agung Al Munawwarah, Kota Jantho, Rabu malam, 7 Februari 2024.(Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Pemkab Aceh Besar memperingati Israk Mi’raj Nabi Muhammad 1445 H di Masjid Agung Al Munawwarah, Kota Jantho, Rabu malam, 7 Februari 2024.

Sekda Aceh Besar, Drs. Sulaimi M.Si yang hadir mewakili Pj Bupati Muhammad Iswanto dalam sambutannya mengimbau agar setiap muslim terus berupaya meningkatkan kualitas shalat lima waktu.

“Mari bersama-sama meningkatkan kualitas shalat, sehingga setiap muslim merasakan shalat itu sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi, bukan sebatas menunaikan kewajiban,” kata Sekda Sulaimi.

Sulaimi menjelaskan dari peristiwa Israk Mi’raj itu, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yang mengandung perintah shalat lima waktu dalam sehari semalam.

“Namun terkadang masih saja ada yang  lalai dalam mengerjakan shalat meskipun hanya lima kali dalam sehari semalam. Marilah luangkan waktu untuk shalat, utamakan shalat berjamaah,” imbau Sekda Aceh Besar.

Sekda juga mengajak semua yang hadir untuk bersama-sama ‘merajut benang yang kusut’  terutama dalam peningkatan ukhuwah sulaturahmi.

“Mari tingkatkan ukhuwah rasa persaudaraan di antara kita demi menatap masa depan yang lebih cerdas, menuju visi Kabupaten Aceh Besar yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya,’’ ajak Sulaimi.

Israk Mi’raj, lanjut Sulaimi merupakan  peristiwa luar biasa sehingga merupakan mikjizat yang begitu besar bagi Kerasulan Nabi Muhammad SAW.

Israk dan Mi’raj yang terjadi pada diri Rasulullah dilakukan dengan ruh dan jasad dalam waktu kurang dari satu malam.

‘’Hal ini kalau hanya dilihat dari pendekatan akal pikiran dan nalar manusia yang sangat berbatas, peristiwa itu sangatlah irasional. Sebagai umat Islam, sewajarnya kita mengenal lebih dekat junjungan Nabi Besar Muhammad SAW,’’ terangnya.

Perjalanan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW tersebut, semata-mata untuk meningkatkan iman dan takwa umatnya kepada Allah SWT. Dengan demikian dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya.

Pesta demokrasi

Sulaimi mengatakan, pesta demokrasi Pemilu 2024 tinggal hitungan hari.

Ia mengajak masyarakat Aceh Besar untuk selalu menjaga kamtibmas dan kondusifitas di gampong.

“Kita boleh beda pilihan, namun jangan sampai menimbulkan perpecahan, semoga melalui momentum Israk Mi’raj  ini dapat mempererat rasa kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi kita semua,” tandas Sekda Sulaimi.

Peringatan Israk Mi’raj yang dilaksanakn Pemkab Aceh Besar diisi dengan ceramah agama oleh Tgk H Nasruddin M, Ketua MPU Aceh Besar. []