Imbauan Pj Wali Kota Sabang: Ayo ke TPS, Gunakan Hak Pilih Kita

Prosesi penglepasan logistic Pemilu 2024 oleh Pj Wali Kota Sabang, Bawaslu, KIP, dan Forkopimda, Selasa, 13 Februari 2024. (Foto Humas Pemko Sabang)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi bersama Forkopimda menghadiri pelepasan logistik Pemilu 2024 dan pemusnahan surat suara yang lebih dan rusak, di halaman Kantor KIP Kota Sabang, Selasa, 13 Februari 2024.

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi mengajak masyarakat untuk menuju TPS pada hari pencoblosan, Rabu, 14 Februari 2024.

“Ayo ke TPS untuk menggunakan hak pilih. Diharapkan semuanya dapat menggunakan hak pilih karena salah satu indikator keberhasilan pemilu itu adalah partisipasi pemilih yang tinggi, dan tentu kita harapkan semuanya berjalan dengan baik, aman, damai dan lancar,” tandas Reza Fahlevi.

Menurut Reza, salah satu tugas pemerintah daerah dalam Pemilu adalah membantu KIP mendistribusikan logistik.

Untuk itu, Pemerintah Kota Sabang bersama Forkopimda memastikan proses tersebut berjalan lancar.

“Alhamdulillah kita sudah lepas, insya Allah semua logistik pemilu akan disalurkan ke seluruh TPS pada hari ini dengan baik,” kata Reza Fahlevi.

Reza mengapresiasi KIP, Bawaslu dan seluruh aparat keamanan serta berbagai pihak lainnya yang telah bekerja keras dan profesional dalam mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu 2024. Ia juga mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak.

Kapolres Sabang, AKBP Erwan menerangkan, pihaknya menugaskan 277 personel yang juga akan dibantu 70 personel TNI untuk mengamankan pesta demokrasi.

“Mulai besok kita sudah siapkan personel juga untuk mengamankan TPS-TPS secara langsung yang melibatkan 90 orang personel. Insya Allah dengan kekuatan ini diharapkan Pemilu di Kota Sabang dapat berjalan dengan aman, lancar dan tertib,” tutupnya.

Ketua KIP Sabang, Akmal Said menjelaskan, pendistribusian logistik Pemilu serentak tahun 2024 sekaligus pemusnahan surat suara yang lebih dan rusak, merupakan rangkaian dari tahapan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Dikatakannya, KIP resmi mendistribusikan 440 unit bilik suara, segel 10.736 unit, kotak suara 561 unit, tinta 230 botol, 550 dus surat suara dengan surat suara sebanyak 146.935.

Selanjutnya logistik tersebut akan didistribusikan kepada 3 dapil, 110 TPS dengan jumlah pemilih 28.567 dan daftar pemilih tambahan sejumlah 532 orang.

“Karena kita berada di wilayah yang relatif bisa dijangkau dalam waktu 1 hari maka kita laksanakan ini di H-1 dan ini memang sesuai ketentuan oleh KPU RI,” jelasnya.

Selain pelepasan logistik Pemilu 2024, pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemusnahan surat suara yang rusak dan lebih terkirim di luar jumlah kebutuhan sebanyak 962 lembar, terdiri dari seluruh komponen surat suara di antaranya surat suara pemilihan presiden/wakil presiden, surat suara DPR RI, surat suara DPD RI, surat suara DPRK Dapil I, surat suara DPRK Dapil II, surat suara Dapil III serta surat suara DPRA.

“Tentu ini adalah bagian dari tahapan yang kita laksanakan menuju pelaksanaan Pemilu serentak 2024, yang pemungutan suaranya jatuh esok pada 14 Februari 2024. Alhamdulillah kegiatan hari ini telah terlaksana dengan baik,” ujar Akmal. []