Pertama di Aceh, Aceh Besar Simulasi Makan Siang Gratis untuk Anak SMP

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto meninjau pelaksanaan peogram makan siang gratis bergizi di SMPN 1 Darul Imarah, Selasa, 5 Maret 2024. (Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM melaunching simulasi perdana program makan siang gratis bagi pelajar SMP Negeri 1 Darul Imarah, Aceh Besar, Selasa, 5 Maret 2024.

Simulasi makan siang gratis yang diinisiasi oleh dewan guru dan Komite Sekolah SMPN 1 Darul Imarah itu, diprioritaskan bagi pelajar yatim dan yatim piatu di SMPN 1 Darul Imarah.

“Alhamdulillah, hari ini kita memulai program ‘makan siang gratis’ atau saya istilahkan ‘makan siang bergizi’ dan program ini terus kita sempurnakan sambil menunggu juknis dari pusat terkait dengan pembiayaan dan lainnya,” kata Muhammad Iswanto.

Simulasi makan siang gratis itu tercatat yang pertama dilakukan di Aceh, sebagai upaya menyambut program tersebut yang akan diterapkan secara nasional..

Iswanto menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan simulasi makan siang gratis di SMPN 1 Darul Imarah.

“Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 1 Darul Imarah hari ini. Kita tahu kekuatan dan kekurangan kita dalam melaksanakan kegiatan ini secara berkelanjutan nantinya,” sebut Iswanto.

Iswanto juga berharap program positif ini harus mendapat dukungan dari semua pihak, karena dengan banyaknya kegiatan positif ini, anak-anak Aceh Besar berhasil di masa depannya.

Kepala SMP Negeri 1 Darul Imarah Affilinda SPd MPd melaporkan, sekolah yang ia pimpin siap menjalankan program makan siang gratis, karena mendapat dukungan dari keluarga besar sekolah dan orang tua pelajar.

Adapun menu ‘makan siang bergizi’ ala SMPN 1 Darul Imarah itu disajikan dengan menu antara lain, nasi putih dengan lauk yang terdiri atas ayam goreng, tempe bacem, sambal goreng tahu, ikan goreng, sop wortel dan kol.

Dengan formasi menu seperti itu diperkirakan per siswa mencapai nilai Rp 15.000.

Salah seorang pelajar kelas 7, Rizki Ramadhan Nur Fitra menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah atas simulasi makan siang gratis tersebut.

Ia juga berterimakasih kepada Pj. Bupati Aceh Besar yang mendukung penuh kegiatan itu, termasuk dengan berkunjung langsung ke sekolahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kasdim 0101 KBA Letkol Arm Sugi Hantoro, S.T., M.I.P, para Kepala OPD lingkup Pemkab Aceh Besar, Sekdisdikbud Aceh Besar Fakhrurazi SE, Camat Darul Imarah Muhammad Basir S.STP.M.SI, Kapolsek Darul Imarah Iptu Hendra Syah Putra S.Psi MH, Danramil Darul imarah Kapten Inf M Junet, serta tokoh masyarakat.[]

Writer: Meylida AbdaniEditor: Nasir Nurdin