Tim Basarnas Evakuasi Pengungsi Rohingya dari Perairan Aceh Barat

Kepala Seksi Operasi Siaga Basarnas Banda Aceh, M.Fathur Rahman. (Foto Rico Maharsi/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | MEULABOH – Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh bersama tim gabungan sedang melakukan evakuasi terhadap pengungsi Rohingya yang saat ini masih terombang ambing di perairan Aceh Barat.

“Berdasarkan dokumen foto mereka sudah ditemukan, saat ini dalam proses evakuasi, untuk korban meninggal belum bisa saya katakan karena kami belum mengevakuasi korban meninggal,” kata Kepala Seksi Operasi Siaga Basarnas Banda Aceh, M. Fathur Rahman kepada Portalnusa.com, Kamis, 21 Maret 2021.

Berita Terkait: Banyak Mayat Mengapung di Laut Aceh Barat, Diyakini Pengungsi Rohingya

Ia menjelaskan, Kapal Navigasi (KN) Kresna 232 tiba di perairan Aceh Barat pada Kamis dini hari, 21 Maret 2024 sekitar pukul 01.00 WIB.

Setelah tiba di lokasi, tim Basarnas  melakukan pencarian sekitar satu jam, namun karena tidak membuahkan hasil tim gabungan menghentikan pencarian sementara demi keselamatan personel.

Berita Terkait: Kapal Bermuatan Rohingya Terbalik di Laut Aceh Barat, Beberapa Orang Dilaporkan Meninggal

“Selanjutnya pada Kamis pagi sekitar pukul 07.00 WIB anggota saya dengan satu unit kapal dan satu unit boat rip bergerak ke arah 269 derajat arah barat laut dan menemukan kapal Rohingya pafa lokasi 21 mil dari darat,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, hingga saat ini tim gabungan masih melakukan proses evakuasi dan diperkirakan akan sampai ke Pelabuhan Jetty Meulaboh sekitar satu setengah jam perjalanan sejak para korban ditemukan pada pukul 10.30 WIB.

Sampai berita ini ditayangkan pada pukul 12.15 WIB, wartawan Portalnusa.com masih menunggu tim Basarnas mendaratkan pwngungsi Rohingya ke Pelabuhan Jetty Meulaboh.[]