Kapal Bermuatan Rohingya Terbalik di Laut Aceh Barat, Beberapa Orang Dilaporkan Meninggal

Foto tangkapan layar dari video nelayan yang memperlihatkan puluhan pengungsi Rohingya berdiri di lambung kapal yang sudah terbalik sambil melambaikan tangan minta bantuan. (Dokumen nelayan Aceh Barat)

PORTALNUSA.com | MEULABOH – Puluhan pengungsi Rohingya ditemukan terdampar 12 mil dari bibir pantai Lhok Bubon, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Rabu 20 Maret 2024.

Panglima Laot Meulaboh, Amiruddin mengatakan, pada Rabu pagi, 20 Maret 2024, sekitar pukul 09.00 WIB, nelayan yang berada di laut melihat satu kapal dalam posisi terbalik dan puluhan orang berdiri di lambung kapal dengan posisi setengah tenggelam sambil melambaikan tangan minta bantuan.

Enam dari puluhan pengungsi Rohingya yang terdampar di perairan Aceh Barat diamankan ke Kantor Camat Samatiga, Rabu, 20 Maret 2024. Ada beberapa orang yang dilaporkan meninggal akibat tenggelam.(Foto Rico Maharsi/Portalnusa.com)

“Ada beberapa yang sudah meninggal dunia karena tenggelam di laut dan ada enam orang sudah dievakuasi ke darat, kini sudah di Kantor Camat Samatiga. Selebihnya masih di laut,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Amir, enam orang yang dievakuasi oleh nelayan tersebut terdiri dua laki-laki dan empat perempuan.

“Sudah kita informasi ke Basarnas, namun untuk tindakan selanjutnya kita menunggu keputusan pihak terkait,” tutupnya.[]