.
.

Pesantren Serambi Mekkah Meulaboh Terbakar

Petugas pemadam memeriksa puing-puing bekas kebakaran bilik santri Pesantren Serambi Mekkah, Meulaboh yang ludes terbakar, Sabtu, 23 Maret 2024 sekitar pukul 15.00 WIB.(Foto Rico Maharsi/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | MEULABOH – Sebanyak 15 bilik (rangkang) Pesantren Serambi Mekkah di Desa Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, terbakar Sabtu, 23 Maret 2024 sekitar pukul 15.00 WIB.

“Api tiba-tiba muncul dari tempat tinggal santri dengan cepat melalap seluruh bilik santri. Musibah itu terjadi ketika sedang libur belajar mengajar,” kata Tgk Armia Pengurus Bidang Pembangunan Pesantren Serambi Mekkah.

Dijelaskannya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun barang-barang milik santri habis terbakar, seperti kitab dan Alquran, peralatan masak, ranjang dan lainnya. Diceritakan, saat terjadi kebakaran, bilik dalam keadaan kosong karena saat santri sedang libur.

Ada 15 bilik yang terbakar. Setiap bilik dihuni dua sampai tiga santri mondok. “Untuk total kerugian belum kita ketahui karena masih pendataan, biaya untuk satu rangkang kita perkirakan sekitar Rp 15 juta,” pungkasnya.

Koordinator Pemadam Kebakaran BPBD Aceh Barat, Ahmad Syah, mengatakan usai mendapat laporan, pihaknya langsung menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran.

“Sesampai di lokasi kita langsung melakukan penyekatan dan sampai saat ini masih dalam proses pendinginan,” ujarnya.[]