DAERAH  

Tim SAR Evakuasi Lagi Enam Mayat dari Perairan Aceh Jaya

Tim SAR Gabungan mengevakuasi enam mayat perempuan ke TPI Lambeuso, Kecamatan Indra Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Senin, 25 Maret 2024. (Foto Tim SAR Gabungan for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | CALANG – Ketidakpercayaan sebagian pihak terhadap berita penampakan mayat dalam jumlah besar di perairan Aceh Barat dan Aceh Jaya mulai memunculkan fakta sebaliknya. Setelah sebelumnya dievakuasi tiga mayat dari perairan Aceh Jaya, kini ditemukan lagi enam mayat yang juga diduga dari etnis Rohignya.

Tim SAR Gabungan menemukan enam mayat diduga pengungsi Rohingya di perairan Aceh Jaya, Senin, 25 Maret 2024.

Kepala Seksi Operasi Siaga Basarnas Banda Aceh, M Fathur Rahman mengatakan, enam mayat tersebut ditemukan di tengah laut pada jarak 14 nautical mil (NM) dari TPI Lambeuso, Kecamatan Indra Jaya, kabupaten Aceh Jaya.

“Tim gabungan menemukan enam mayat berjenis kelamin perempuan di laut pada pukul 14.25 WIB, Senin, 25 Maret 2024. Berhasil dievakuasi ke TPI Lambeuso pada pukul 16.00 WIB,” kata Fathur.

Lokasi pemakaman etnis Rohingya di Desa Keutapang, Kemukiman Calang, Kecamatan Krueng Sabe, Kabupaten Aceh Jaya. (Foto Ist for Portalnusa.com)

Dari TPI Lambeuso, ke-6 mayat ini langsung dibawa ke RSUD Teuku Umar Aceh Jaya menggunakan tiga ambulance.

Baca: Banyak Mayat Mengapung di Laut Aceh Barat, Diyakini Pengungsi Rohingya

“Mayat-mayat ini kami temukan berdasarkan informasi nelayan Aceh Jaya. Semuanya berjenis kelamin perempuan dengan usia antara 25 sampai 35 tahun,” ujarnya.

Dijelaskan, Tim SAR akan melakukan pencarian kembali jika menerima informasi penemuan mayat oleh nelayan.

Baca: Kapal Bermuatan Rohingya Terbalik di Laut Aceh Barat, Beberapa Orang Dilaporkan Meninggal

“Tidak ada pencarian khusus. Tapi nanti setelah kami terima informasi ada ditemukan mayat lagi dari nelayan, Tim SAR akan terjun langsung melakukan pencarian, sama halnya seperti hari ini,” sebutnya.

Mayat lainnya

Bersamaan dengan ditemukannya enam mayat di perairan Aceh Jaya, juga ditemukan satu mayat lainnya berjenis kelamin laki-laki di tepi pantai Desa Pante Mutia, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat.

Terhitung sejak Sabtu, 23 Maret 2024, tim SAR telah menemukan 11 mayat, dengan rincian delapan mayat jenis kelamin perempuan dan tiga mayat jenis kelamin laki-laki.[]

 

Writer: Rico MaharsiEditor: Nasir Nurdin