NEWS  

Kadisdukcapil Aceh Besar Raih Prestasi Terbaik Dua di Aceh

Salah satu pelayanan Disdukcapil Aceh Besar.

PORTALNUSA.com | ACEH BESAR –Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Aceh Besar,  Rahmat Sentosa berhasil meraih prestasi terbaik dua di Aceh atau satu peringkat di bawah Banda Aceh yang meraih peringkat pertama.

Prestasi itu tertuang dalam Kepmendagri Nomor 800.1.4.4-3101 tahun 2024 tentang hasil penilaian kinerja kepala dinas pada Disdukcapil yang ditanda tangani Menteri Dalam Negeri atas nama Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, DR Teguh Setyanudi MPd.

SK tersebut menempatkan kota Banda Aceh pada peringkat pertama dengan nilai 88,95 menyusul Aceh Besar di urutan dua dengan nilai 86,84 dan Aceh Jaya di peringkat tiga dengan nilai 85,79.

“Alhamdulillah, semua capaian ini berkat kerja kolektif dan komitmen kuat untuk melayani dari teman teman di Disdukcapil Aceh Besar, inilah hasil yang diraih dari kerjasama dan sama bekerja,” kata Rahmat Sentosa, Sabtu 12 Oktober 2024.

Disebutkan, banyak variabel yang menjadi konsideran penilaian kinerja seorang Kadisdukcapil, diantaranya cakupan kepemilikan administrasi kependudukan seperti akta kelahiran dan lainnya di wilayah kerja.

Selain itu juga ada gerakan jemput bola yang menyasar pemilih pemula dengan mendatangi sekolah sekolah menengah atas, meunasah, kantor keuchik hingga rumah penduduk, khusus untuk layanan disabilitas.

Disdukcapil Aceh Besar juga turun ke rumah sakit untuk layanan akte kelahiran bagi bayi yang baru lahir, termasuk KK baru untuk keluarga yang melahirkan karena pertambahan anggota keluarga serta Kartu Identitas Anak (KIA) untuk bayi.

“Semua layanan itu kita pastikan gratis, tak ada bayaran sedikitpun dan bersama staf kami juga turun ke instansi TNI/Polri untuk cakupan layanan Adminduk,” tandas Rahmat Sentosa.

Terpisah, Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto menyampaikan  terimakasih dan apresiasi atas dedikasi jajaran Disdukcapil yang sukses meraih prestasi terbaik ke dua di Aceh.

“Ini adalah bukti dari komitmen pelayanan seperti yang kita suarakan selama ini. Tentu saja ini didasarkan pada penilaian kondisi riil di lapangan dan pihak Depdagri punya jaringan untuk supervisi dan verifikasi yang mendalam dan akurat serta tidak hanya sebatas laporan di atas kertas,” tandas Iswanto.

Iswanto berpesan agar prestasi yang diraih tidak menjadi jumawa, namun hendaknya terus meningkatkan soliditas dan komitmen kuat untuk terus memberikan layanan terbaik dan berkelanjutan.

“Teruslah berbuat yang terbaik sesuai tupoksi masing-masing, karena peran utama selaku abdi negara adalah melayani rakyat menurut lini masing masing,” pesan Iswanto.[]

Penulis: MeylindaEditor: Redaksi