PISPI Aceh; Spirit Kebersamaan Mendobrak Tantangan

Pengurus PISPI Aceh foto bersama di sela-sela Rapat Pleno I Tahun 2023 di 3 in 1 Caffee, Banda Aceh, Sabtu, 9 September 2023. (Dok PISPI Aceh)

PORTALNUASA.com | BANDA ACEH – Badan Pengurus Wilayah Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (BPW PISPI) Aceh melaksanakan Rapat Pleno I Tahun 2023 di 3 in 1 Caffee, Banda Aceh, Sabtu, 9 September 2023.

“Rapat pleno ini adalah amanah AD/ART PISPI yang dilaksanakan minimal sekali dalam periode berjalan,” kata Ketua PISPI Aceh, Ir. Azanuddin Kurnia, SP, MP ketika membuka rapat pleno tersebut.



Menurut Azanuddin, rapat pleno kali ini dilaksanakan ketika kepengurusan PISPI Aceh memasuki usia setengah periode (2020-2023).

“Insya Allah ke depannya kita laksanakan sesuai kebutuhan dan ketentuan organisasi,” ujar pria yang akrab disapa Azan yang juga Sekdistanbun Aceh tersebut.

Rapat Pleno I PISPI Aceh Tahun 2023  diikuti Ketua, Sekretaris, Bendahara, Kabid, dan Pengurus Harian.

Tantangan besar

Ketua PISPI Aceh, Azanuddin mengingatkan bahwa tantangan ke depan masih sangat besar.

Secara makro, kata Azan, tantangan dunia pertanian dihadapkan pada iklim dan cuaca yang terkadang kurang bersahabat seperti ancaman El Nino saat ini.

“Bencana banjir, kekeringan, serangan hama dan penyakit, serta akses ke lokasi produksi dan harga di pasaran yang terkadang kurang menguntungkan petani adalah bagian dari tantangan secara makro,” katanya.

Secara global, tantangan juga tak kalah berat seperti ekses perang Rusia-Ukraina, pasokan beberapa bahan baku pupuk kimia dan lainnya.

“Ini tantangan kita secara nasional yang harus kita bergotong royong dan bersatu padu menghadapinya serta tetap minta perlindungan dan pertolongan Allah SWT,” ujar Ketua PISPI Aceh.

Keputusan rapat

Rapat berhasil membahas, merumuskan, dan memutuskan beberapa hal seperti konsolidasi organisasi, penguatan struktur kepengurusan dengan mempertimbangkan pergeseran pengurus nantinya, pemaparan program dan kegiatan yang sudah dilakukan pada setengah periode (2020–2023).

Sehubungan akan dilaksanakan dua kegiatan hingga akhir tahun ini, juga dibentuk kepanitiaan untuk melaksanakan kedua kegiatan tersebut yang diketuai masing-masing oleh Muhammad Amin, SP, MP dan Dr. Muhammad Yasar.

“Ketua panitia kita harapkan segera membentuk kelengkapan panitia untuk bisa kita proses lebih lanjut,” kata Azan yang juga Ketua Umum IKASEP USK.

Kekompakan dan kebersamaan

Sekretaris PISPI Aceh, Habiburrahman menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan selain sebagai ajang evaluasi selama setengah periode di bawah kepemimpinan Azanuddin Kurnia juga untuk memperkuat silaturrahmi sesama pengurus.

Menurut Habib, ada banyak kegiatan yang dilaksanakan HISPI pada periode ini, walau diakui belumlah sempurna sesuai yang diharapkan.

“Untuk itu, kekompakan dan kebersamaan seperti hari ini perlu kita lanjutkan terus ke depannya,” ujar Habib yang juga Kepala UPTD BPSB Distanbun Aceh.[]