“Pesta” HPN 2023 Berakhir, Ini Catatan Perjalanan PWI dan IKWI Aceh

Presiden RI, Joko Widodo menggunakan mesin tik tahun 1885 buatan Amerika pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Gedung Serba Guna, Jalan Pancing, Medan, 9 Februari 2023. Mesin tik kuno ini pernah dipakai oleh wartawan Deli Serdang. (Dok PWI Aceh)

MENJELANG tengah hari, 6 Februari 2023, rombongan ibu-ibu berbaur dengan bapak-bapak, termasuk yang membawa anak meramaikan Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh di kawasan Simpang Lima, Kota Banda Aceh.

Di pinggiran jalan utama depan Kantor PWI Aceh, tepatnya di Jalan T Angkasah, sudah siaga satu unit bus Mercedes-Benz dan tiga unit minibus Hiace.

Anggota rombongan terlihat sibuk mengangkat koper dan barang tentengan lainnya ke dalam bus dan minibus. Beberapa orang lainnya memasangi spanduk bertuliskan Rombongan PWI & IKWI Aceh ke HPN 2023 Medan, Sumatra Utara.

Ya, pagi itu, sebanyak 50 anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) berangkat untuk menyemarakkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan. Selain unsur PWI dan IKWI, juga berangkat dengan rombongan terpisah peserta dari organisasi perusahaan pers seperti SMSI, JMSI, AMSI, dan SPS.

Lelah memang tak terelakkan. Apalagi perjalanan darat dari Banda Aceh ke Medan sejauh 600 kilometer lebih dengan waktu tempuh lebih 10 jam.

Ketua IKWI Aceh, Ny Hanifah Nasir Nurdin mengatakan, berbagai tantangan yang akan dihadapi sudah dibayangkan oleh anggota IKWI Aceh sejak sebelum keberangkatan.

Namun semangat kekeluargaan dilandasi kecintaan pada organisasi mampu menghapus bayangan terburuk dengan indahnya kebersamaan. Pernyataan serupa juga disampaikan Ketua Panitia HPN dari PWI Aceh, Sadhali.

Begitulah, sepanjang perjalanan dari Banda Aceh ke Medan, mulai Senin siang hingga menjelang subuh, 7 Februari 2023, seperti tak terlihat suasana lelah apalagi keluh kesah.

Ibu-ibu anggota IKWI semuanya berada dalam satu bus—beberapa di antaranya ikut didampingi suami dan anak-anak. Mereka saling mengumbar cerita. Sang driver, Arman dan Helmi ikut menyempurnakan kebersamaan itu layaknya satu keluarga.

Tawa lepas nyaris tak pernah henti, mengalahkan deru mesin Mercedes Benz yang meluncur di lintasan sibuk hingga membelah sunyinya malam.

Suasana tak jauh beda juga terekam dalam tiga unit minibus Hiace yang beriringan membawa rombongan pengurus dan anggota PWI Aceh ke tujuan yang sama.

Perjalanan darat dari Banda Aceh mencapai finish di Kota Medan sekitar pukul 02.00 WIB dinihari, 7 Februari 2023.

Rombongan yang berjumlah 50 orang dipecah menjadi dua. Ibu-ibu IKWI bersama beberapa yang membawa suami dan anak masuk ke EllysKostel di Jalan Amal Gatot Subroto. Sedangkan bapak-bapaknya menempati Mess Perwakilan Aceh di Jalan Kapten Pattimura. Kedua lokasi ini hanya terpaut sekitar tiga kilometer dan sudah di-booking sejak jauh-jauh hari.

Cut Halisa, pemilik EllysKostel menyambut langsung kedatangan saudara-saudaranya dari Aceh dengan sukacita.

Bukan sebatas kepentingan bisnis, tetapi juga silaturahmi saudara sekampung. Dia didampingi Riza Iskandar yang akrab disapa Jajak, warga Aceh lainnya yang kini menetap di Medan. Jajak pula yang memfasilitasi pondokan untuk IKWI Aceh di EllysKostel.

Dari pemondokan masing-masing, baik IKWI maupun PWI mengikuti berbagai agenda HPN 2023 di sejumlah lokasi dalam wilayah Kota Medan.

Bahkan, rombongan dari IKWI Aceh, setelah beristirahat sejenak di Kostel, langsung melanjutkan perjalanan ke Parapat, sejauh hampir 180 kilometer untuk mengikuti kegiatan organisasi.

Setelah semalam di Parapat—termasuk melakukan tur Danau Toba—Ibu-ibu IKWI kembali ke Medan. Kegiatan selanjutnya adalah mengikuti acara puncak peringatan HPN 2023 yang dihadiri Presiden Jokowi di Gedung Serba Guna, Jalan Pancing, Medan.

Setelah acara puncak, semua anggota rombongan, baik PWI mapun IKWI bertebaran ke berbagai titik bersilaturahmi dengan peserta dari berbagai daerah lainnya se-Indonesia. Tak sedikit pula yang keluar masuk mall untuk belanja atau sekadar cuci mata.

Rombongan dari Aceh menutup semua agenda di Medan pada Jumat sore, 10 Februari 2023. Suasana haru terlihat di EllysKostel ketika rombongan berpamitan untuk kembali ke daerah asal.

Kebersamaan selama empat malam di pemondokan itu tidak seperti hubungan pengusaha dengan pelanggan, tetapi lebih mengesankan hubungan kekeluargaan.

Menjelang perpisahan pada Jumat sore itu, ibu-ibu IKWI Aceh merangkul Cut Halisa secara bergantian. Mereka terlihat begitu dekat, begitu akrab, tanpa kesan basa-basi. Bahkan Cut Halisa tak mampu menahan air mata haru ketika armada yang membawa anggota rombongan bergerak satu per satu kembali ke Aceh. Meninggalkan berbagai kenangan dalam bingkai persaudaraan pada rangkaian HPN 2023 di Medan. []