Warga Aceh Serahkan Senjata AK-56 Peninggalan Konflik ke Polisi

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Muhammad Yanis menerima sepucuk senjata api laras panjang jenis AK-56 dari seorang warga di Mapolres Aceh Tamiang, Kamis, 6 April 2023. (Foto: Dok. Humas Polres)

PORTALNUSA.com | ACEH TAMIANG – Kapolres Aceh Tamiang AKBP Muhammad Yanis menerima sepucuk senjata api laras panjang jenis AK-56 peninggalan masa konflik. Senjata tersebut diserahkan oleh seorang warga di Polres Aceh Tamiang, Kamis, 6 April 2023.

Muhammad Yanis mengungkapkan, bahwa penyerahan senjata tersebut merupakan bentuk kepercayaan masyarakat yang makin baik kepada institusi Polri.

“Kita menerima satu pucuk senjata api laras panjang jenis AK-56 dari seorang warga, di mana senjata ini merupakan peninggalan masa konflik Aceh,” ungkap Yanis, Jumat, 7 April 2023.

Yanis juga menyampaikan, bahwa pemusnahan senjata api, khususnya peninggalan konflik merupakan salah satu kesepakatan perdamaian antara Pemerintah RI dengan GAM pada 15 Agustus 2005 silam.

“Tentunya, kami sangat mengapresiasi pemilik senjata dengan kesadaran sendiri mau menyerahkannya. Apalagi, senjata ini sudah disimpan dengan waktu yang cukup lama,” demikian, kata Yanis.

Senjata AK-56 tersebut akan disimpan di gudang senjata Polres Aceh Tamiang sebelum dilakukan pemusnahan. []

Writer: KontributorEditor: saiful anwar