.
.
.

Pimpin Upacara HUT Ke-21, Darmansah Ceritakan Perjalanan Panjang Lahirnya Abdya

Pj Bupati Abdya, Darmansah memimpin upacara HUT ke-21 Aceh Barat Daya di halaman Kantor Bupati Aceh Barat Daya, Senin, 10 April 2023. (Foto Muhammad Taufik/ Portalnusa.com)

PORTLANUSA.com | BLANGPIDIE – Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memperingati HUT ke-21 pada 10 April 2023 ditandai dengan upacara dipimpin Pj Bupati Abdya, Darmansah.

Dalam sambutannya, Darmansah mengisahkan perjalanan selama lebih kurang 42 tahun untuk pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Abdya yang dimulai sejak 1960-an.

Perjalanan panjang perjuangan pemekaran Kabupaten Abdya dari kabupaten induk Aceh Selatan penuh dengan romantika dan dinamika sejarah. Berkat kegigihan sesepuh Abdya saat itu akhirnya menerima Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2002 tentang Undang-Undang Pemekaran Abdya.

“Selama 42 tahun perjuangan tersebut sempat empat kali generasi kepanitiaan silih berganti. Tekad kuat tokoh pemekaran Abdya kala itu tak pernah pudar hingga akhirnya menuai hasil,” ujar Darmansah.

Dia juga menceritakan, 21 tahun silam, tepatnya pada 10 April 2002 merupakan hari paling bersejarah bagi Bumo Breuh Sigupai ini. Sebuah daerah yang dulunya merupakan anak dari Kabupaten Aceh Selatan menjelma menjadi sebuah kabupaten dengan berbagai potensi luar biasa.

“42 tahun bukanlah waktu yang singkat, tidak sedikit tenaga serta pikiran yang terkuras. Tidak ada nilai dan penghargaan dalam bentuk apapun yang pantas kita sematkan pada tokoh-tokoh pendiri kabupaten ini selain terima kasih yang tak terhingga dengan senantiasa berdoa semoga Allah membalas pengorbanan para tokoh-tokoh Abdya,” kata Darmansah.

Berikut nama-nama Pj Bupati dan Bupati definitif yang memimpin Abdya sejak kelahirannya sampai saat ini:

  • Baharuddin, S.Sos.,MM., Pj Bupati Abdya pertama (2002-2003);
  • H. M. Nasir Hasan, Pj Bupati Abdya yang kedua (2003-2004, meninggal dunia pada bencana tsunami 26 Desember 2004);
  • H. Tgk. Teuku Burhanuddin Sampe, MM., MSi., Pj Bupati Abdya yang ketiga (2005- 2006);
  • H. Azwar Umri, Pj Bupati Abdya yang keempat (2006-2007);
  • Akmal Ibrahim, SH/ Drs. H. Syamsurizal, M.Si. (Bupati/Wakil Bupati Abdya definitif, 2007-2012);
  • Azhari Hasan, S.E., Pj Bupati Abdya selama enam bulan untuk menyukseskan Pilkada 2012;
  • Jufri Hasanuddin, MM/ Yusrizal Razali (Bupati/Wakil Bupati Abdya 2012-2017, namun Yusrizal Razali meninggal dunia pada tahun 2014, dan jabatan wabup dilanjutkan Erwanto, SE., MA sampai 2017);
  • Akmal Ibrahim, SH/ Muslizar, MT (Bupati/Wakil Bupati Abdya 2017-2022);
  • Darmansah, S.Pd., MM. (Pj Bupati Abdya dilantik 15 Agustus 2022).

Menurut Darmansah, di usia 21 tahun Kabupaten Abdya telah mulai diperhitungkan, pencapaian demi pencapaian yang signifikan diperoleh selama ini telah menempatkan Abdya sejajar dengan kabupaten lainnya yang telah terlebih dahulu lahir.

“Oleh sebab itu peringatan HUT ke-21 Aceh Barat Daya ini menjadi momentum yang sangat penting bagi kita untuk kembali introspeksi diri serta perencanaan ke depan yang semakin baik,” katanya.

HUT ke-21 Abdya mengusung tema, “Semangat Kebersamaan” diharapkan menginspirasi semua pihak untuk terus menyamakan persepsi serta menyatukan langkah bersama-sama memaknai dan mengukir sejarah kelahiran, guna meraih kemajuan serta kemandirian dalam segala aspek.

“Kami ucapkan selamat HUT ke-21 Aceh Barat Daya, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya,” tutup Darmansah. []