Pj Bupati Abdya Roadshow ke Pemulung dan Rumah Duafa

Pj Bupati Abdya, Darmansah menyerahkan paket lebaran kepada puluhan pemulung sampah di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Iku Lhung, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Abdya, Selasa, 18 April 2023. (Foto Muhammad Taufik/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BLANGPIDIE – Pj Bupati Abdya, Darmansah berkunjung ke kelompok masyarakat pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Gampong Iku Lhung, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Abdya, Selasa, 18 April 2023.

Dalam kunjungan itu, Pj Bupati Darmansah menyerahkan bingkisan berupa sirup, gula pasir, minyak goreng, dan kain sarung.

“Ini bantuan pribadi kami dengan keluarga, harapan semoga bermanfaat bagi keluarga yang menerima,” katanya.

Sasaran Darmansah bersama keluarga ke lokasi pembuangan sampah tersebut karena adanya puluhan keluarga yang bergantung hidup sebagai pemulung di sana.

“Saya baru mengetahui juga ada saudara kita di sini sebagai pemulung sampah, saya ketahui saat saya turun ke sini karena ada laporan bahwa sampah sudah berserakan di badan jalan, karena ada satu truk (pengangkut) yang rusak,” sebutnya.

Sebanyak 22 pemulung, seorang di antaranya sebagai operator alat berat eskavator, menerima bantuan paket jelang Lebaran Idul Fitri 1444 H dari Pj Bupati Darmansah. Penyerahan bingkisan paket turut didampingi Ketua PKK Abdya, Zulhijjah Darmansah.

Pj Bupati Abdya juga menampung aspirasi pemulung agar menfasilitasi antara mereka dengan penampung dalam hal penjualan hasil pulungan. Karena, selama ini pemungut sampah harus mengeluarkan modal tambahan untuk membawa ketempat penampungan.

“Ibu-ibu sudah ada satu unit becak, becak ini bisa dimanfaatkan sebagai alat transportasi membawa hasilnya ke penampung,” kata Darmansah.

Setelah di lokasi pembuangan sampah, Pj Bupati Abdya bergerak ke Gampong Muka Blang, Kecamatan Kuala Batee guna meninjau proses pembangunan rumah Hafsah (50) sesuai janji Pj Bupati Darmansah paska mendapatkan video pendek seorang warga menyampaikan keluhannya kepada pemerintah setempat.

“Alhamdulillah progres pekerjaan sangat cepat, lebih kurang sudah mencapai 70 persen, konstruksi pondasinya pun tampak kuat, ini kita bangun dengan anggaran APBK Abdya melalui Baitul Mal sebesar Rp 90 juta,” ujarnya.

Darmansah yang didampingi Kepala Sekretariat Baitul Mal Abdya, Iin Supardi mengatakan, setelah pembahasan APBK-P Abdya 2023 kembali akan membangun satu unit rumah lagi di Gampong Muka Blang, untuk warga kurang mampu.

Setelah meninjau lokasi pembangunan rumah Hafsah, Darmansah juga melihat kondisi rumah Ismail warga miskin yang juga di gampong tersebut yang akan dibangujn dengan sumber dana perubahan.

Dari lokasi itu rombongan menuju rumah korban banjir atas nama almarhum Sudirman di Gampong Alue Seulaseh, Kecamatan Jeumpa.[]