Data BPS, Aceh Utara Daerah Penduduk Miskin Terbanyak di Aceh

Rumah tak layak huni milik Kamisna (40) warga Keude Payabakong, Kecamatan Payabakong Aceh Utara. Hingga hari ini rumah yang berada persis di depan Masjid Keude Payabakong itu belum tersentuh bantuan dari Pemerintah Aceh maupun Pemerintah Aceh Utara. (Foto: For Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di ujung pulau Sumatera dengan luas wilayah mencapai 56.839,09 km².

Provinsi yang dijuluki daerah Serambi Mekkah ini memiliki 18 Kabupaten dan 5 Kota di dalamnya.

Lantas, manakah daerah-daerah di Aceh yang mempunyai penduduk miskin terbanyak pada tahun 2022.

Menukil pemberitaan dari jatimnetwork.com, Minggu, 23 April 2023, berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dari buku PDF Provinsi Aceh, berikut dirangkum 5 daerah dengan jumlah penduduk miskin terbanyak di Aceh.

Di urutan ke 5 bercokol Kabupaten Aceh Besar, berdasarkan data BPS, jumlah penduduk miskin Aceh Besar pada tahun 2022 sebanyak 58,18 ribu jiwa.

Pada urutan ke 4 penduduk miskin terbanyak ditempati oleh Kabupaten Bireuen. Dari data BPS, wilayah pemekaran dari Kabupaten Aceh Utara ini pada tahun 2022 memiliki penduduk miskin sebanyak 60,29 ribu jiwa.

Berikutnya di urutan ke 3, dari data BPS, pada tahun 2022 Kabupaten Aceh Timur menjadi daerah dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 62,16 ribu jiwa.

Urutan ke 2 data BPS pada tahun 2022, jumlah penduduk miskin terbanyak ditempati oleh Kabupaten Pidie dengan jumlah sebanyak 85,87 ribu jiwa penduduk miskin.

Sedangkan urutan pertama penduduk miskin paling banyak di Aceh ditempati oleh Aceh Utara.

Kabupaten yang terkenal sebagai penghasil gas dan minyak bumi ini pada tahun 2022 memiliki penduduk miskin sebanyak 107,02 ribu jiwa.

Itulah 5 daerah dengan jumlah penduduk miskin terbanyak di Aceh pada tahun 2022. []