.
.
.

Menuju DPRK Abdya, Bacaleg PAN dan PKS Didaftarkan ke KIP

Ketua DPD PAN Abdya, H. Said Samsul Bahri didampingi Sekretaris Drs M. Hanafiah dan sejumlah pengurus partai lainnya saat memberikan keterangan pers di Kantor KIP Abdya, Jumat, 12 Mei 2023. (Foto Muhammad Taufik/ Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BLANGPIDIE – Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Abdya, mendaftarkan bacaleg mereka ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya, Jumat, 12 Mei 2023.

Ketua DPD PKS Abdya, Salman didampingi unsur pengurus dan komisioner KIP menyerahkan dokumen berkas bacaleg ke KIP Abdya di Aula KIP Abdya, Jumat, 12 Mei 2023. (Muhammad Taufik/Portalnusa.com)

Ketua DPD PAN Abdya, H Said Samsul Bahri mengatakan, berkas bacaleg mereka diterima oleh Ketua KIP Abdya Yudi Nirmansyah sekitar pukul 15. 30 WIB. Penyerahan daftar Bacaleg ini turut didampingi pengurus partai, bacaleg dan puluhan simpatisan partai.

Menurut Said Samsul, sebanyak 25 bacaleg PAN terdiri masing-masing 10 bacaleg Dapil 1 (Kecamatan Blangpidie, Susoh dan Jeumpa), 8 bacaleg Dapil 2 (Kecamatan Tangan-Tangan, Manggeng, Lembah Sabil dan Setia) dan 7 bacaleg untuk Dapil 3 (Kecamatan Babahrot dan Kuala Batee).

“Keterwakilan perempuan 30 persen atau melebihi dari yang ditentukan sebanyak 4 orang, itu dari Dapil 2, sedangkan yang lain tetap sesuai. Kita juga mohon maaf bagi yang belum bisa kita akomodir sebagai bacaleg dari PAN, karena kuota terbatas,” ujar Said Samsul Bahri.

Pada Pileg 2024, mantan Ketua DPRK Abdya periode 2004-2009, PAN menargetkan meraih 5 kursi DPRK Abdya.

PKS target 4 kursi

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Abdya juga mendaftarkan bacaleg yang akan bertarung pada 14 Februari 2024.

Berkas bacaleg diserahkan oleh Ketua DPD PKS Abdya, Salman, dan diterima langsung Ketua KIP Abdya sekitar pukul 15. 00 WIB didampingi oleh komisioner lainnya.

“PKS Abdya mendaftarkan 25 bacaleg ke KIP. Keterwakilan perempuan kita melebihi dari yang syaratkan. PKS Abdya menargetkan 4 kursi DPRK Abdya, mudah-mudahan lebih,” ucap Salman di sela-sela menyerahkan berkas bacaleg.

Baru tiga partai

Ketua KIP Abdya, Yudi Nirmansyah menyebutkan hingga hari ke-12, Jumat, 12 Mei 2023 baru tiga artai yang mendaftarkan bacaleg ke KIP Abdya.

“Baru tiga partai. Yang pertama Partai Hanura, kemudian dilanjutkan PKS dan PAN,” ujar Yudi Nirmansyah. []