.
.
.

Gelar TTG 2023 Dibuka, Pemerintah Aceh Apresiasi Pemkab Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto menyampaikan sambutan pada pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Ke-24 Tahun 2023 Tingkat Provinsi Aceh di Jantho Sport Center (JSC), Selasa malam, 30 Mei 2023. (Foto: AcehHerald.com)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Seremoni pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Ke-24 Tahun 2023 yang dipusatkan di Jantho Sport Center (JSC), Selasa malam, 30 Mei 2023 berlangsung meriah. Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Mawardi mengapresiasi Pemkab Aceh Besar selaku tuan rumah yang sukses menggelar kegiatan berskala provinsi tersebut.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Besar atas kesediaannya menjadi tuan rumah Gelar TTG Ke-24 Provinsi Aceh Tahun 2023 yang dilaksanakan di Kota Jantho,” ujar Mawardi.

Suasana gala dinner di Pendopo Bupati Aceh Besar menjelang open seremoni Gelar TTG Ke-24 Tahun 2023 Tingkat Provinsi Aceh, Selasa malam, 30 Mei 2023. (Foto Portalnusa.com)

Pemerintah Aceh optimis kegiatan ini akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya memanfaatkan alat teknologi tepat guna dalam pengelolaan sumber daya alam gampong, sehingga kemandirian dan kesejahteraan masyarakat gampong dapat terwujud.

Menurut Mawardi, Gelar TTG merupakan ajang untuk memotivasi dan menjaring ide-ide, kreasi dan inovasi masyarakat di bidang teknologi tepat guna, baik dari kalangan akademisi, instansi pemerintah, swasta serta elemen masyarakat secara umum.

Sekda Aceh Utara, Dr. A. Murtala, M.Si memperlihatkan beberapa meteri pameran di Stand TTG Aceh Utara di Kota Jantho kepada Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin di sela-sela acara pembukaan kegiatan berskala provinsi tersebut, Selasa malam, 30 Mei 2023 di Jantho Sport Center (JSC). (Foto Portalnusa.com)

“Gelar TTG bertujuan untuk mendukung pengembangan wilayah melalui penemuan teknologi tepat guna berbasis potensi daerah dengan memberdayakan masyarakat gampong menuju keunggulan kompetitif dalam persaingan lokal, regional, dan global serta untuk memasyarakatkan dan menumbuhkan budaya wirausaha,” katanya.

Mengapresiasi seluruh peserta

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto dalam sambutannya mengapresiasi seluruh kabupaten/kota se-Aceh yang telah ambil bagian pada Gelar TTG Ke-24 di Aceh Besar. Kegiatan itu sendiri berlangsung mulai 30 Mei hingga 2 Juni 2023.

“Apresiasi kami kepada seluruh pemkab dan pemko yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini. Kami mengajak semua pihak untuk turut menyukseskan acara ini dengan menampilkan hasil teknologi tepat guna terbaik dari daerah masing-masing,” kata Iswanto.

Pj Bupati Aceh Tenggara, Syakir, M.Si (tengah) foto bersama para wartawan dan stafnya di depan Stand TTG Aceh Tenggara di Kota Jantho, Selasa malam, 30 Mei 2023. (Foto Portalnusa.com)

Pj Bupati Aceh Besar optimis berbagai hasil karya inventor yang dipamerkan pada kegiatan ini mampu memberi dampak positif bagi peningkatan produksi masyarakat.

“Insya Allah, seluruh buah karya para inventor dapat dimanfaatkan secara maksimal dan semakin memudahkan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan hasil produksi dan pendapatan masyarakat,” ujarnya di hadapan para Pj Bupati dan Pj Wali Kota se-Aceh.

Para tamu menikmati suasana sambil berbincang santai–dengan jamuan kopi gayo–di Stand TTG Bener Meriah di Kota Jantho, Selasa malam, 30 Mei 2023. (Foto Portalnusa.com)

Menjelang seremoni pembukaan di JSC, terlebih dahulu seluruh kepala daerah se-Aceh bersama tamu undangan lainnya termasuk Forkopimda Aceh, Kepala SKPA dijamu makan malam (gala dinner) di Pendopo Bupati Aceh Besar.

“Suasana Kota Jantho benar-benar gemerlap, semoga tidak hanya pada acara-acara begini,” kata salah seorang wartawan yang meliput kegiatan tersebut.[]

Writer: Meylida AbdaniEditor: Nasir Nurdin