Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Yayasan Rumoh Geutanyoe Jalin Kerja Sama dengan Poltekkes Aceh

Ketua Yayasan Rumoh Geutanyoe Aceh, Zubaidah bersama Dosen Jurusan keperawatan Poltekkes Aceh memperlihatkan dokumen kerja sama antara kedua lembaga tersebut terkait pencegahan penyalahgunaan narkoba yang ditandatangani Jumat, 23 Juni 2023 di Panti Rehabilitasi NAPZA Rumoh Geutanyoe, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Jumat, 23 Juni 2023. (Dok Rumoh Geutanyoe for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Program Pengabdian Masyarakat dari Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes RI Provinsi Aceh berkunjung ke Panti Rehabilitasi NAPZA Rumoh Geutanyoe, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Jumat, 23 Juni 2023.

Program pengabdian masyarakat bertema ‘Pemberdayaan Eks Pengguna Narkoba sebagai Konselor Adiktif Narkoba Berbasis Komunitas’ ini berlangsung dua hari dengan target peserta dari para residen, eks residen, staf dan praktisi program dari Yayasan Rumoh Geutanyo yang merupakan mitra BNN Provinsi Aceh.

Ketua Yayasan Rumoh Geutanyoe Aceh, Zubaidah dalam rilisnya yang diterima Portalnusa.com mengatakan, kegiatan ini menitikberatkan kepada peningkatan pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba bagi para residen, serta keterampilan konseling terkait penyalahgunaan narkoba bagi eks residen yang diharapkan mampu jadi pelopor  untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di masyarakat.

Menurut Zubaidah, program pemberdayaan ini juga menjadikan para eks pengguna narkoba sebagai konselor berbasis komunitas di klinik rehabilitasi yang nantinya dapat membantu membangun jaringan dukungan yang kuat untuk memfasilitasi pemulihan mereka, karena dukungan setelah pemulihan sangat penting untuk mencegah kambuhnya kecanduan.

Teken MoU

Zubaidah menginformasikan, selain pengabdian masyarakat, kegiatan ini juga dirangkai dengan penandatanganan MoU antara Yayasan Rumoh Geutanyoe Aceh dengan jurusan keperawatan Poltekkes Aceh Kemenkes RI terkait kegiatan pengabdian, pemberdayaan, dan juga penelitian.

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh para residen dan eks residen Yayasan Rumoh Geutanyo Aceh, juga para dosen jurusan keperawatan Poltekkes Aceh di antaranya Dr. Dewi Marianthi, M.Kep, Ainal Mardhiah, SKM.,M.Kes, Dr. T. Alamsyah, SKM, MPH (Dosen Fakultas Kesehatah Masyarakat Universitas Teuku Umar), dan dari BNN Aceh diwakili Kasie Rehabilitasi, Saiful, SPd dan Sulaiman Ariga, SH selaku konselor adiksi.[]