PWI Aceh Barat Tolak Hewan Kurban dari PT Mifa Bersaudara

Ketua PWI Aceh Barat, Sa’dul Bahri bersama unsur pengurusnya, Senin sore, 26 Juni 2023 di Kantor PWI Aceh Barat mendiskusikan ihwal surat undangan dari PT Mifa Bersaudara untuk serah terima hewan kurban dari perusahaan pertambangan tersebut untuk PWI Aceh Barat. Berdasarkan rapat pengurus diputuskan bahwa PWI Aceh Barat menolak bantuan hewan kurban dari PT Mifa Bersaudara. (Foto Rico Maharsi/Portalnusa.com)

Laporan Rico Maharsi, Aceh Barat

PORTALNUSA.com I MEULABOH – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Barat menolak rencana penyerahan sapi kurban Idul Adha 1444 H/2023 M dari perusahaan pertambangan PT. Mifa Bersaudara.

“Terima kasih atas perhatiannya dan niat baik perusahaan kepada PWI, tetapi kita mohon maaf, hasil kesepakatan teman-teman PWI Aceh Barat, kami belum bisa menerima pemberian PT. Mifa Bersaudara,” kata Ketua PWI Aceh Barat, Sa’dul Bahri, Senin sore, 27 Juni 2023.

Sebelumnya, PT Mifa Bersaudara memasukkan surat undangan ke Pengurus PWI Aceh Barat meminta kehadiran wartawan pada acara serah terima hewan kurban yang dijadwalkan Selasa pagi, 27 Juni 2023 di antor pelabuhan, Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo.

Undangan itu ternyata memunculkan kegaduhan di kalangan wartawan yang tergabung dalam wadah PWI Aceh Barat. Atas berbagai saran dan pertimbangan maka pada Senin sore, 26 Juni 2023 digelar rapat pengurus hingga keluar keputusan menolak hewan kurban dari PT. Mifa Bersaudara.

“Tidak bisa diterima daging itu, karena pemahaman teman-teman (jurnalis) masih banyak warga lainnya yang lebih layak untuk menerima bantuan daging kurban,” ungkap Sa’dul Bahri.

Selain itu, lanjut Ketua PWI Aceh Barat, hubungan antara jurnalis dan pihak perusahaan tambang batubara tersebut kurang harmonis lantaran terlalu sulit memperoleh konfirmasi di saat diperlukan.

“Capek juga selalu dengar keluhan teman-teman wartawan tentang PT. Mifa Bersaudara yang sulit diwawancara, lebih bagus kami tolak saja sapi kurban itu,” tutup Sa’dul.[]