“Magnet” Sabang Semakin Kuat Menyedot Wisatawan dari Berbagai Penjuru Negeri

Penumpang menikmati suasana di dalam Kapal Feri AH2yang melayani jalur penyeberangan Banda Aceh-Sabang dan sebaliknya. (Foto Imran/Portalnusa.com

Laporan Imran, Sabang

PORTALNUSA.com | SABANG – Kunjungan wisatawan ke Sabang terpantau semakin ramai terutama pada musim liburan sekolah seperti saat ini.

Libur semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dimanfaatkan oleh masyarakat, baik dari Aceh maupun provinsi lain di Indonesia untuk berwisata ke berbagai lokasi wisata, tak terkecuali ke Sabang, ujung paling barat Indonesia.

Liburan semester tahun ini yang akan berakhir pada 16 Juli 2023 benar-benar dimafaatkan oleh keluarga dan peserta didik untuk mendatangi berbagai lokasi wisata. Sabang menjadi salah satu sasaran favorit bagi pelancong lokal maupun nasional.

Arus balik di Pelabuhan Balohan, Sabang, Jumat, 7 Juli 2023. (Foto Imran/Portalnusa.com)

Semakin beragam pilihan kunjungan wisatawan ke Sabang. Selain wisata baharinya yang semakin dikenal oleh masyarakat dunia juga situs sejarah dan kuliner.

Pantauan Portalnusa.com, Jumat, 7 Juli 2023, arus kunjungan wisatawan dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh maupun arus balik dari pelabuhan Balohan, Sabang terlihat padat.

Antusias wisatawan ke Sabang tidak lepas dari peran Pemko Sabang, BPKS, dan stakeholder terkait dalam menyediakan berbagai fasilitas dan layanan yang memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

Dalam perkembangan terbaru, Sabang kembali terpilih sebagai salah satu dari 50 daerah yang akan mengimplementasikan menuju kota cerdas (smart city) 2023 yang mengusung konsep kota cerdas dengan keunggulan wisata bahari. Informasi itu disampaikan Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, Rabu, 5 Juli 2023.

“Dengan pengembangan berbagai program unggulan diharapkan ‘magnet’ Sabang akan semakin kuat menyedot wisatawan dari berbagai penjuru negeri termasuk mancanegara,” kata szeorang pelaku wisata di Pulau Weh tersebut. []