Isu Lakalantas Warnai Acara Pisah Sambut Dirlantas Polda Aceh

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy, SH, SIK didampingi istri menyerahkan cinderamata untuk Kombes Pol Muji Ediyanto, SH, SIK yang juga didampingi istri pada acara lepas sambut kedua perwira menengah tersebut di Aula Pesat Gatra Ditlantas Polda Aceh, Kamis, 13 Juli 2023. Kombes Pol Muji Ediyanto mendapat amanah baru sebagai Dirlantas Polda Sumut. (Foto Meylida Abdani/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Isu lakalantas dengan jumlah korban meninggal yang masih relatif tinggi di Aceh mewarnai suasana acara pisah sambut Dirlantas Polda Aceh dari Kombes Pol Muji Ediyanto, SH, SIK dengan penggantinya Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy, SH, SIK, di Aula Pesat Gatra Ditlantas Polda Aceh, Kamis, 13 Juli 2023.

Kombes Iqbal dilantik sebagai Dirlantas Polda Aceh oleh Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Ahmad Haydar, SH, MM pada 12 Juli 2023. Sebelumnya, Iqbal adalah Kabid Humas Polda Jateng. Dia menggantikan Kombel Muji yang mendapat amanah baru sebagai Dirlantas Polda Sumut.

Prosesi pisah sambut Kombes Iqbal dan Kombes Muji diisi dengan pemutaran video profil kedua perwira menengah tersebut dan dilanjutkan dengan salam perpisahan oleh Kombes Muji dan salam perkenalan oleh Kombes Iqbal didampingi istri masing-masing.

Kombes Pol Muji Ediyanto ketika menyampaikan salam perpisahan sempat memperkenalkan sosok Kombes Iqbal yang menggantikannya. “Selamat bertugas di Aceh semoga adinda saya ini (Kombes Iqbal) lebih berhasil lagi,” kata Muji.

Di kalangan rekan-rekan media, lanjut Muji, Kombes Iqbal bukan sosok yang asing karena beliau sangat dekat dengan media karena pernah bertugas sebagai Kabid Humas Polda Jateng.

“Semoga dukungan media yang selama ini sudah cukup baik akan lebih baik lagi,” kata Kombes Pol Muji Ediyanto didampingi istri yang kini mendapat amanah baru sebagai Dirlantas Polda Sumut.

Muji juga mengingatkan bahwa tugas menciptakan ketertiban dan kelancaran lalulintas tidak hanya tugas polisi tapi melibatkan berbagai elemen termasuk berbagai komunitas.

“Mari bersama-sama kita bekerja untuk semakin tertib, nyaman, aman, dan lancarnya lalulintas sehingga korban tidak terus berjatuhan,” ujar Muji di hadapan tamu undangan dari berbagai kalangan yang hadir pada acara itu.

Pada kesempatan itu Kombes Muji mengingatkan kembali tentang sejumlah kasus kecelakaan lalulintas yang merenggut korban nyawa dalam jumlah besar pada setiap kejadian.

Rara-rata kejadian, kata Muji akibat kelalaian atau pelanggaran pengguna jalan seperti membawa penumpang dengan truk barang, pelanggaran rambu, dan lain-lain. “Setiap kejadian bisa merenggut korban dalam jumlah besar, ada 5, 6, 7 orang. Ini sangat memprihatinkan dan harus menjadi perhatian kita bersama,” ujar Kombes Muji yang sudah 2,5 tahun bertugas di Polda Aceh.

Sementara itu Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy yang kini menjabat Dirlantas Polda Aceh mengucapkan terima kasih atas sambutan berbagai pihak dan terus berharap dukungan untuk keberhasilan tugas yang akan dia laksanakan.

“Terima kasih juga kepada rekan-rekan media semoga kita bisa terus saling membantu meski saya bukan lagi sebagai Kabid Humas,” kata mantan Kabid Humas Polda Jateng tersebut.[]