Ponpes Dar Maryam Kuta Malaka Jadi Pusat Peringatan HAN, Dihadiri Pj Bupati dan Bunda PAUD Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto didampingi Bunda PAUD Aceh Besar yang juga Ketua LKKS Aceh Besar, Cut Rezky Handayani disambut dengan tarian ranup lampuan saat menghadiri peringatan HAN 2023 di Pompes Dar Maryam, Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Minggu, 23 Juli 2023. (Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, SSTP, MM bersama Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aceh Besar Cut Rezky Handayani, SIP MM, menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 di Pondok Pesantren Dar Maryam binti Ibrahim, Samahani, Kuta Malaka, Minggu 23 Juli 2023.

Peringatan HAN 2023 di Aceh Besar juga dirangkai dengan aneka lomba untuk anak-anak di antaranya lomba mewarnai, lomba azan dan lomba permainan tradisional yaitu lompat engklek.

Saat membuka aneka lomba tersebut, Pj Bupati Muhammad Iswanto mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Pondok Pesantren Dar Maryam yang telah menjadi tuan rumah peringatan HAN 2023.

Pada kegiatan itu terlihat ratusan anak yang ikut serta, sebagiannya merupakan anak-anak disabilitas.

Iswanto mengatakan anak-anak adalah generasi masa depan Aceh Besar yang harus dijaga dan dididik dengan baik.

“Anak-anak ini adalah bagian dari kekuatan Aceh Besar di masa depan. Tentu sepatutnya kita semua menjaga dan mendidiknya untuk meraih cita-cita mereka,” kata Iswanto.

Pj Bupati Iswanto menaruh perhatian besar bagi penguatan kapasitas peserta didik, di mana berbagai kebijakan dilahirkan.

Terbaru adalah mengeluarkan surat edaran yang isinya meminta para orang tua atau wali murid untuk mengantarkan anak secara langsung pada hari pertama masuk sekolah pada Senin lalu.

Orang tua atau wali murid yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) bahkan diizinkan untuk masuk kantor pada pukul 09.00 WIB.

“Alhamdulillah Pak Gubernur mengizinkan dan hal yang sama juga diikuti kabupaten/kota lainnya,” ungkapnya.

Selain itu Pemkab Aceh Besar juga memperingati HAN lebih awal, dimana upacara peringatan HAN 2023 baru akan dilakukan pada Senin 24 Juli 2023 besok, di Halaman Kantor Bupati Aceh Besar.

“Kita mengadakan rangkaian acara hari ini, sehari lebih awal dari upacara. Perlu diingat bahwa walaupun hanya sesaat bersama anak-anak, ini menjadi modal dan penguat bagi mereka untuk menyongsong masa depan,” kata Iswanto.

Momentum HAN, kata Pj Bupati, harus dimanfaatkan untuk menanam pemahaman dasar bagi anak untuk menghadapi masa depan yang lebih kuat. “Mari kita menanamkan ilmu kepada penerus kita ini,” demikian Pj Bupati Aceh Besar.

Harapan Bunda PAUD

Bunda PAUD Aceh Besar yang juga Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Aceh Besar, Cut Rezky dalam wawancaranya di sela-sela kegiatan tersebut mengajak Kepala OPD agar ke depan lebih banyak menggelar kegiatan tingkat anak-anak atau sekolah.

“Hari ini ada 12 LKS yang bergabung pada peringatan HAN, semoga di tahun depan lebih banyak lagi LKS yang bergabung dengan kegiatan-kegiatan yng digelar oleh OPD Aceh Besar. Semoga silaturahmi ini terus terjalin dan jika memungkinkan dilakukan pertemuan sebulan sekali,” pungkas Cut Rezky.[]