.
.
.

Stand Up Gila Mbappe

 

LES Parisiens cemberut. Berita gaduh kepindahan Kylian Mbappe ke Al Hilal hang.. Pemain serba bisa milik klub kota paris itu menolak pindah ke Liga Pro Arab Saudi.

“Sky Sports” jaringan media milik Britanica itu kembali mengulas panjang rencana kepindahan yang gagal itu. Sebuah tim investigasi diterjunkan untuk mencari tahu alasan penolakan Mbappe.

“Pukulan telak untuk parisiens,”  tulis Sky Sports seperti dikutip banyak media dunia lainnya. Saya pun mempergunakan kata telak ini.

Alasannya sederhana. Mbappe gak ingin terbenam di Liga Saudi selama satu musim. Ia ingin tetap berada di track Liga Europa. “Duit bukan segala-galanya bagi Mbappe,” analisa Sky Sports di jaringan televisinya.

Tekad Mbappe untuk tetap di Liga Eropa sudah final. Anak imigran Kamerun, Afrika Barat itu, tak mau beranjak dari tekad itu.

“Itu filosofi hidupnya yang diwariskan oleh keluarganya,” tulis Sky Sports. Mbappe lahir dan dibesarkan di Paris. Ayahnya seorang pelatih sepakbola lokal asal Kamerun. Sedang ibunya Fayza, berkebangsaaan Aljazair mantan pemain handball.

Ia punya seorang saudara angkat bernama Jires Kembo Ekoko juga seorang pemain sepak bola profesional.  Adiknya bernama Adeyemi Mbappe.

Ibunya kini menjadi agenci-nya. Sejak tumbuh dewasa ia mengidolakan Cristiano Ronaldo.

Di awal karier prefesionalnya ia memang bak kijang lepas. Gaya khas Ronaldo. Yang kemudian ia banyak mengadopsi permainan Thiery Henry.

Sehari setelah Les Parisiens mempersilakan Al Hilal bicara face to face, Mbappe langsung merespons: tidak.  Mbappe tampaknya tak tergoda gaji fantastis dan kukuh bertahan di Paris Saint-Germain di sisa satu musim lagi.

“Ini sebuah drama bursa transfer musim panas ini. Bintang sepakbola itu enggan pindah musim panas ini karena targetnya adalah el real-real madris- secara gratis musim depan,” tulis media Inggris “Daily Mail.”

Padahal Les Parisiens yang tak ingin kehilangan Mbappe secara gratis. Keberangan parisiens akan diwujudkan lewat membekukan sayap dua puluh empat tahun ini dari tim selama satu musim.

“Ancaman. Mbappe tak bergidik,” tulis media lainnya, Egence Franch Press.

Al Hilal sebelumnya mengajukan tawaran transfer senilai tiga ratus juta euro dengan gaji dan fasilitas fantastis. Tujuh ratus juta euro untuk dua musim. Sepuluh triliun rupiah. Tambah opsi transfer gratis jika ingin pindah.

Bila Mbappe menerima tawaran ini maka ia akan jadi pesepak bola dan bahkan atlet dengan gaji tertinggi di dunia. Jika dikonversikan ke rupiah nilai gajinya ini mencapai sebelas koma enam triliun rupiah per tahun.

Jika dirinci lebih lanjut maka ia menerima gaji tiga ratus enam puluh lima ribu per detik. Atau dua puluh dua juta per menit Atau pun satu koma tiga miliar per jam,

Bahkan tiga puluh tiga miliar rupiah per hari. Dua ratus dua puluh miliar per minggu Kalau perbulannya sembilan ratus sembilan puluh enam miliar per bulan.

Gila…. dan gila apalagi…

Al Hilal disebut hanya memberikan kontrak jangka pendek kepada Mbappe. Setelah itu, bintang asal Prancis itu bebas untuk pindah ke klub lain terutama Real Madrid yang sudah lama mengincarnya tahun 2024.

Klaim gaji yang disodorkan Al Hilal kepada Mbappe ini akan membuatnya jadi pesepakbola dengan gaji tertinggi di dunia. Mbappe akan mengalahkan rekor gaji tertinggi yang ditempati kapten Al Nassr, Cristiano Ronaldo.

Tentang ancaman pembekuan Mbappe di tim, kini muncul kecaman. Masyarakat Paris membalas dengan ancaman ngambek datang ke stadion tanpa laga parisiens tanpa Mbappe.

“Saya tak paham apa yang sedang dilakukan manajemen parisiens. Mbappe adalah pemain terbaik di dunia. Saya harus akui bahwa saya tak paham sama sekali,” ujar seorang pendukung parisiens.

“Kylian adalah pemain yang luar biasa dan kami harus menjaganya tetap di Paris. Saya pikir ia juga ingin bertahan di sini selama mungkin. Pertanyaannya: apa yang sedang dilakukan klub.”

Mbappe sendiri  tak diikutkan dalam tur pramusim Les Parisiens usai menolak memperpanjang kontraknya yang tersisa setahun lagi. Ia diketahui ingin bertahan di musim depan, membuat dirinya bisa pergi secara gratis di musim panas 2024.

Sikap Mbappe membuat manajemen geram karena mereka tak mau kehilangan sang pemain secara cuma-cuma. Apalagi mereka menduga striker  itu diam-diam sudah bersepakat dengan el reald untuk hijrah ke sana tahun depan.

Real Madrid sendiri yang dikaitkan dengan striker itu dilaporkan belum melakukan pergerakan. Agen pemain itu, yang sekaligus ibunya, Fayza Lamari, memang sudah bertemu dengan petinggi parisiens, diduga untuk membahas transfer.

Media Prancis menulis, el real hingga hari ini  belum mengajukan tawaran apapun untuk mendatangkan Mbappe. Les Parisiens tetap yakin bahwa klun espanyola itu  tetap sukses mendatangkan Mbappe.

Presiden Madrid, Florentino Perez, sudah menegaskan bahwa aktivitas transfer timnya musim panas ini sudah selesai.

Dilema lain yang dialami parisiens adalah, jika sampai Agustus ini si pemain masih bertahan, mereka  harus bayar bonus loyalitas sebesar sembilan ratus sembilan puluh enam miliar rupiah.

Bonus yang dibayarkan ini karena ada dalam diktum kesepakatan. Namanya bonus loyalitas yang besaranny enam puluh enam euro

Bonus itu akan diterima setiap awal agustus per tahun yang diberikan secara bertahap dengan syarat dan kondisi yang berlaku.

Untuk melengkapi tulisan ini saya menyertakan penggalan kehidupannya yang dihimpun dari berbagai sumber:

Remaja itu sekarang menjadi buar bibir dunia sepakbola. Ia bernama Kylian Mbappe.

Ya, Kylian Mbappe, dengan postur tinggi seratus tujuh puluh delapan sentimeter telah mencuri perhatian di usianya yang masih cukup muda.

Lalu siapakah sebenarnya Kylian Mbappe,?

Nama lengkapnya Kylian Mbappe Lottin. Lahir disebuah kota kecil di timur laut paris. Bondy. Tahun kelahirannya sama dengan hiruk pikuk reformasi di negeri ini. Seribu sembilan ratus sembilan puluh delapan.

Pasnya dua puluh desember.

Ayahnya asal kamerun dan ibunya asli aljazair. Wilfried Mbappe dan Fayza Mbappe.

Mbappe lahir eban bulan setelah Perancis  menjuarai Piala Dunia  di Stade De France. Stadion megah itu hanya berjarak sebelas kilometer  kampung.

Ia terlahir untuk menjadi pemain sepakbola, Mbappe sudah sangat akrab dengan dunia bola sedari kecil.

Seperti dituturkan ayah, sang anak memiliki gairah yang luar biasa terhadap sepakbola. Dia selalu bermain bola sepanjang hari. Dan dia bisa menonton empat sampai lima pertandingan sepakbola secara berturut-turut.”

Meski tumbuh di pinggiran kota paris yang penuh kekerasan, Mbappe selalu semangat dan memiliki antusias yang tinggi untuk bermain sepakbola.

Mbappe memang selalu menganggap sekolah, keluarga, dan teman dekat itu penting. Namun baginya, tak ada yang lebih penting dari sepakbola.

Setiap hari dia selalu belajar trik dasar dalam sepakbola hingga akhirnya bisa mengembangkan kemampuannya sendiri.

Sejak kecil ia sudah banyak membuat temannya iri. Penghargaan dan trofi-trofi kecil bersama timnya dulu berhasil membuatnya dipandang sebagai masa depan sepakbola

Hal tersebut menjadi titik awal kesuksesan baginya untuk bisa menjadi sang jawara dunia.

Kedua orangtuanya selalu mendukung perkembangan sang anak. Sang ayah yang bekerja sebagai pelatih sepakbola serta sang ibu yang juga mantan pemain bola tangan professional seolah memberi warisan tertentu bagi anaknya

Mereka selalu bangga dengan sang anak. Hal inilah yang membuat Mbappe terus percaya diri untuk menjadi pemain profesionl

Dia punya dua: Jirès Kembo dan Ethan Mbappe.

Jires merupakan anak adopso dalam keluarnya. Lebih tua sepuluh darinya. Sedangkan saudara kandungnya  Ethan Mbappe tujuh tahun lebih muda

Dalam sebuah wawancara, dia menjelaskan gaya selebrasinya setelah mencetak gol dengan menyilangkan kedua tangan dan mengacungkan jempol.

Dia mengatakan bahwa selebrasi itu terinspirasi dari adiknya Ethan yang melakukan hal yang sama saat adiknya itu berhasil mempermalukannya di game playstation.

Karir sepakbola Mbappe di mulai dari kota pinggirian Bondy. Ayah menjadi  pelatih pada akademinya

Setelah itu ia melanjutkan karir sepakbolanya menuju akademi clairefontaine. Dia lulus dari akademi ini tahun dua ribu sebelas

Akademi tersebut merupakan salah satu yang terbaik di perancis. dan telah melahirkan sederet nama besar. Sebut saja  Thierry Henry, William Gallas, Blaise Matuidi, hingga Nicholas Anelka

Mbappe menunjukkan beberapa aksi mengesankan selama berada di akademi Clairefontaine.

Penampilan mengesankannya itu membuat  banyak klub tergoda dan mencoba untuk mengontraknya.

Mbappé juga pernah melakukan trial ke klub liga primer: chelsea

Karena telenta luar biasa ia sempat diajak oleh Zinedine Zidane untuk bergabung dengan Real Madrid

Namun karena alasan tertentu sang ayah lebih mempercayai as monaco bagi Mbappe untuk menapaki karir professionalnya.

Benar saja, semenjak memulai debutnya bersama ligue 1 Mbappe berhasil menjadi permain paling muda yang memulai pertandingan pertamanya

Tercatat, ia sudah tampil bersama monaco di usia nya yang belum genap tujuh belas tahun  Dari sisi umur ini ia mengalahkan rekor  Henry

Henry sendiri gak pernah menyangka bocah lima tahun yang pernah berfoto dengan dirinya itu akan memecahkan rekornya .

“Aku pernah bertemu dengannya saat ia masih kecil, dia anak yang baik dan cukup pendiam. Dia menjadi pembicaraan banyak orang karena bakat yang ia miliki. Dia bisa merubah banyak hal melalui sepakbola.”

Gol pertama sebagai pemain profesional bersama monaco yang lesatkan ke gawang es troyes  yang dicatat sebagai pemain termuda dalam tim ligue 1.

Ini sebuah pencapaian luar biasa. Ia telah melampui kejeniusan Henry  sebagai pencetak gol  gol termuda.

Setelah itu Monaco bergerak cepat dengan memberinya kontrak berdurasi lima tahun.

Ligue 1 musim selanjutnya  menjadi ajang bagi Mbappe untuk unjuk kebolehan. Gol demi gol tercipta dari kakinya, rekor demi rekor berdatangan.

Satu di antaranya adalah pencapaian sebagai pemain termuda yang mencetak hattrickdi kasta tertinggi sepakbola ligue 1. Di usia delapan belas tahun dua bulan.

Di musim tersebut Mbappe tampil gemilang dan berhasil membawa  Monaco meraih gelar juara ligue 1 pertamanya sejak delapan belas tahun terakhir

Pada musim itu  Mbappe berhasil mencetak dua puluh enam gol dari empat puluh empat  penampilan di semua ajang, termasuk di champions league.

Setelah menjadi sosok fenomenal  itu ia  direkrut oleh paris saint germain. Klub kota paris milik qatar investmen itu mengontraknya dengan  status pinjaman

Empat hari dakam status pinjaman itu Mbappé mencatatkan gol pertamanya di liga europa untuk kemenangan les parisiens atas glasgow celtic di laga penyisihan grup piala champions.

Debutnya terus menjanjak bersama tim nasiona. Gol demi gol terus dilahirkannya  Berkat penampilan gemilangnya itu, ia pun masuk skuad prancis di piala dunia

Di ajang tersebut Mbappe mampu membawa prancis keluar sebagai juara dunia setelah mengalahkan Kroasia di final dengan skor empat gol berbanding dua gol. Salah satunya gol itu lahir dari kakinya

Pada waktu itu  mbappe juga dinobatkan sebagai pemain muda terbaik diajang bergengsi tersebut.

Melihat fenomena Mbappe yang sedang menjadi pembicaraan dunia, membuat banyak pesohor sepakbola berkomentar “Mbappe adalah pemain yang sangat bagus. Orang diingatkank pada sosok Thierry Henry.”

“Dia masih muda dan akan meraih banyak gelar sepanjang kariernya.” []

  • Darmansyah adalah wartawan senior, penulis “Kolom Bang Darman”