HUKUM, NEWS  

Polresta Banda Aceh Gagas Kampung Bebas Narkoba di Lampulo

Prosesi launching Kampung Bebas Narkoba di Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Rabu 9 Agustus 2023. (Dok Polresta Banda Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Polresta Banda Aceh menginisiasi Kampung Bebas Narkoba di Gampong Lampulo, Kuta Alam, Banda Aceh, Rabu, 9 Agustus 2023.

Kampung Bebas Narkoba didirikan di gampong itu sebagai respons keresahan masyarakat.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli menjelaskan gagasan Kampung Bebas Narkoba muncul dalam diskusi bersama Ketua BNK Banda Aceh di sela audiensi di ruang kerjanya.

“Gagasan ini didapatkan saat pertemuan dengan Ketua BNK Banda Aceh di ruang kerjanya. Ide itu kemudian direalisasikan di Gampong Lampulo, Kuta Alam, Banda Aceh,” ujarnya saat memberikan sambutan.

“Ide itu lahir sebagai solusi alternatif atas keresahan masyarakat,” sambungnya.

Launching Kampung Bebas Narkoba ini harus melibatkan masyarakat guna berpartisipasi dalam meminimalisir peredaran narkoba.

“Artinya, Polresta Banda Aceh menggagas harus dari gampong–gampong seperti hari ini, dan kata kuncinya harus ada sinergitas dengan stakeholders yang ada dalam memberantas dan menanggulangi narkotika,” ucapnya.

Menurut Kapolresta Banda Aceh, pihaknya akan membentuk Satgas Kampung Bebas Narkoba.

Tidak hanya pihak kepolisian, namun akan melibatkan aparatur gampong seperti tokoh agama, tokoh pemuda yang akan berpikir menekan peredaran narkoba di sekitarnya, sehingga salah satu indikatornya tidak ada lagi penegakan hukum di gampong– gampong. “Itu salah satu indikator yang kami maksud,” tutur Kapolresta.

Jika kegiatan ini direspons baik oleh masyarakat, maka akan dikembangkan di gampong lainnya dalam kota Banda Aceh.

Perlu diketahui, saat ini tahanan di Polresta Banda Aceh  70 persen didominasi oleh para pelaku pengguna narkotika.

“Saya sangat mengapresiasi Keuchik Lampulo, karena sangat antusias terhadap pemutusan ranting–ranting peredaran narkotika di gampong ini. Karena Pak Alta Zaini berserta apatur gampong telah  mendukung program yang dilakukan oleh Polresta Banda Aceh,” demikian Kapolresta Banda Aceh.[]