Muhammad Iswanto Kepala Daerah Pertama Jadi Irup di Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto menjadi Inspektur Upacara Apel Tahunan Perkenalan Khutbatu-L 'Arsy Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U di Gampong Lam Jampok, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Sabtu, 12 Agustus 2023.(Foto Prokopim Pemkab Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto S.STP, MM memimpin upacara apel tahunan Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U di Gampong Lamjampok, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Sabtu, 12 September 2023.

Tampilnya Muhammad Iswanto memimpin upacara di pesantren tersebut sekaligus mencatatkan dirinya sebagai kepala daerah pertama yang menjadi inspektur upacara di Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U.

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto S.STP MM menyerahkan Alquran musaf madinah kepada Pimpinan Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U, Ust Muhammad Fajri, S.Pd.I dalam upacara Apel Tahunan Perkenalan Khutbatu-L ‘Arsy Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U di Gampong Lam Jampok, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Sabtu 12 Agustus 2023. (Foto MC Aceh Besar)

Sebelumnya, Pj Bupati Aceh Besar itu juga didapuk menjadi inspektur upacara di Pesantren Modern Tgk Chik Oemar Diyan Indrapuri, juga saat orientasi santri baru.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan, Pesantren Al Falah Abu Lam U merupakan salah satu pesantren modern yang berkualitas di Kabupaten Aceh Besar.

“Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya penghargaan yang telah diraih oleh pesantren ini baik di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu juga dapat kita lihat dari banyaknya alumni Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U yang lulus di berbagai universitas ternama baik itu di dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Iswanto, Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U ini memiliki daya tarik tersendiri sebagai pusat pembentukan karakter dan akhlak yang mulia.

Para santri tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan umum, tetapi juga mendalami ajaran agama yang menjadikan mereka sebagai generasi berakhlakul karimah, berwawasan luas, dan berjiwa sosial tinggi.

“Maka pada kesempatan ini atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, saya merasa terhormat karena ditunjuk sebagai Inspektur Upacara pada rangkaian acara Khutbatul ‘Arsy Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U ini,” ucapnya.

Iswanto menegaskan, atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi apel tahunan Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U ini. Karena melalui apel tahunan inilah santriwan santriwati bisa saling mengenal satu sama lain dengan lebih dekat, baik itu antara santri dengan santri maupun santri dengan asatidz dan asatidzahnya,” tambahnya.

Di samping itu pula, Iswanto berharap melalui Khutbatul ‘Arsy ini dapat menambah wawasan bagi para santri baru maupun yang sedang menimba ilmu.

“Selain itu juga melalui apel ini pula kita berharap dapat membentuk santri-santri yang aktif, kreatif, produktif, kompak dan punya solidaritas tinggi,” harapnya.

Iswanto berpesan agar santriwan santriwati Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U ini untuk terus bersemangat dalam menjalani kegiatan di pesantren, dan jangan terlena dengan hal-hal yang tidak bermanfaat.

“Gunakanlah waktu yang ada dengan sebaik-baiknya, karena waktu bagaikan pedang jika kita tidak mampu menggunakannya maka ia akan menghunus kita,” kata Iswanto mengingatkan.

Pimpinan Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U , Muhammad Fajri, S.Pd.I kepada media, mengatakan, apel tahunan yang merupakan bagian dari Khutbatul ‘Arsy Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U ini, merupakan event tahunan yang untuk memperkenalkan kepada santriwan santriwati yang baru tentang bagaimana kegiatan di Kampus Pesantren Al Falah Abu Lam U.

“Baik itu kegiatan sekolah, kegiatan asrama, ekstrakurikuler dan lain sebagainya, serta menampilkan bakat dan talenta santri sehingga bisa menjadi motivasi bagi adik-adik kelas dalam berkreativitas selama menjalani rangkaian kegiatan di kampus pesantren. Dari kegiatan ini kita ketahui bersama jika santri merupakan anak didik yang paling kreatif,” tuturnya.

Selain upacara, kegiatan tersebut juga diwarnai dengan berbagai atraksi dari para santriwan dan santriwati Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U.

Hadir juga pada kegiatan itu Pj Ketua TP PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani S.I.P., MM,   Kepala Satpol PP dan WH Aceh Besar Muhajir S.STP, MPA, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar Agus Jumaidi S.Pd, M.Pd, Kepala Pendidikan Dayah Aceh Besar Adi Darma,S.Pd, M.Pd, Camat Ingin Jaya Al Mubarak Akbar S.STP, MM, Kapolsek Ingin Jaya dan Danramil Ingin Jaya beserta Kepala Sekolah Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U dan dewan guru.[]