Pawai Kapal Hias Semarakkan PKA -8

Iringan pawai kapal hias di sepanjang sungai dari jembatan Peunayong hingga jembatan Paten Pirak, Kota Banda Aceh pada PKA -8 tahun 2023. (Foto: Dok PKA-8)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pawai kapal hias Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8  menyita perhatian  ribuan pengunjung di sepanjang aliran sungai dari jembatan Peunayong sampai  jembatan Pante Pirak, Minggu,  5 November 2023.

Setidaknya ada 18 kabupaten/kota yang ikut pawai tersebut. Yaitu,  Bireuen, Simeulue, Sabang, Aceh Tamiang, Aceh Barat, Aceh Tenggara, Nagan Raya, Aceh Singkil, Aceh Timur, Pidie Jaya, Aceh Utara, Subulussalam,Kota  Langsa, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Besar, Lhokseumawe, dan Kota Banda Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Aceh, Almuniza Kamal menyebutkan,  kapal hias yang dikutsertakan pada pawai itu sudah terlebih dahulu dimodifikasi sesuai  ciri khas masing-masing daerah.

“Kapal yang dihias tersebut kontras dengan  sejarah, cerita, kesenian, tradisi, dan ikon daerah masing-masing, ada juga yang  menyerupai  kapal sitaan Portugis, kapal rempah, hingga armada Cheng Ho,” kata Almuniza.

Seperti  Kabupaten Aceh Selatan yang menghias kapalnya  dengan  moncong  naga, Kabupaten  Aceh Barat  dengan  meriam kuno khas Eropa, Aceh Jaya kapal Nisero, Kabupaten Simeulu dengan lobster raksasa dan Kota Banda Aceh menghias nya dengan Armada Laksamana Cheng Ho.

Kepada pengguna jalan yang mengalami kemacetan akibat membludaknya  pengunjung  yang menyaksikan pawai  tersebut, secara khusus Almuniza meminta maaf. “Kami mohon maaf jika pengguna jalan merasa tidak nyaman, namun ini adalah hiburan rakyat yang juga perlu didukung,” pungkas nya []

 

Editor: Redaksi