Tak Gubris Intruksi Panwaslih, Puluhan Alat Peraga Kampaye Dibongkar Paksa

Panwaslih Abdya dan tim gabungan turunkan APK Caleg di pinggir jalan Iskandar Muda, Blangpidie. (Muhammad Taufik/Kontributor portanusa.com)

PORTALNUSA.com | BLANG PIDIE – Panwaslih Kabupaten Abdya membongkar  paksa Alat Peraga Kampanye (APK) sejumlah Partai Politik dan  calon legislatif yang dinilai melanggar peraturan PKPU Nomor 15 tahun 2023 dan peraturan KPU nomor 20 tahun 2023.

Hal itu disampaikan Koordinator Divisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Rizwan, Kamis, 9 November 2023.

Padahal kata Rizwan, sebelum pembongkaran  pihaknya  telah berulang kali menyampaikan agar pengurus Parpol  dan dan Caleg  dapat  menurunkannya secara mandiri.

Namun karena  intruksi itu  tidak diindahkan sebut Rizwan,  Panwaslih Abdya  bersama  komisioner KIP  dibantu  Satpol PP,  anggota  Kodim 0110 dan Polres Abdya membongkar paksa sejumlah APK tersebut.

“Secara aturan, tahapan kampanye baru boleh dilakukan pada tanggal 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024,  jadi untuk sementara   Alat Peraga Kampanye belum dibolehkan,” tegas Rizwan.

Penulis: Muhammad TaufikEditor: Redaksi