.
.

PKA-8 Berakhir, Aceh Selatan Juara Lagi

Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma didampingi istri menerima piala bergilir juara umum PKA-8 yang diserahkan oleh Penjabat Gubernu Aceh diwakili Sekda Bustami Hamzah pada penutupan PKA-8 di Panggung Utama Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Minggu sore, 12 November 2023.(Foto MC PKA-8)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Penjabat Gubernur Aceh diwakili Sekretaris Daerah ( Sekda) Aceh Bustami Hamzah menutup Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 tahun 2023 di di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Minggu 12 November 2023.

Pada PKA-8 ini, Kabupaten Aceh Selatan kembali menyabet gelar juara umum atau yang kedua kalinya setelah prestasi serupa didulang oleh Negeri Pala tersebut pada PKA-7 tahun 2018.

Kabupaten Aceh Besar yang selama ini terus menjadi kompetitor kuat bagi Aceh Selatan dalam kontes budaya tersebut, harus puas dengan predikat runner up PKA-8 dengan perbedaan nilai sangat tipis.

Atas nama pimpinan Pemerintah Aceh, Sekda Bustami berterima kasih kepada masyarakat yang telah berhadir dan mengunjungi, mengapresiasi serta memeriahkan seluruh prosesi acara PKA-8.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi kami, bahwa acara yang kita selenggarakan dalam upaya melestarikan adat budaya Aceh ini telah mendapat apresiasi demikian tinggi dari seluruh lapisan masyarakat,” kata Sekda Aceh.

Sekda berharap agar PKA dapat senantiasa menjadi sumber inspirasi bagi pengembangan dan preservasi seni budaya Aceh, serta dapat menjadi ajang bertemunya produsen dan konsumen produk-produk khas Aceh, sehingga pada gilirannya PKA dapat berperan signifikan dalam menggulirkan roda kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

PKA, lanjut Sekda Aceh merupakan penggugah ingatan bagi masyarakat bahwa Aceh adalah daerah yang kaya dengan seni budaya luhur. PKA juga ditujukan sebagai ajang pemantik perhatian masyarakat mancanegara.

Potensi Aceh yang sebagian sudah ditampilkan dalam PKA akan meningkatkan minat masyarakat negara-negara sahabat untuk datang ke negeri kita Aceh dan selanjutnya dapat semakin melancarkan roda ekonomi rakyat. Terutama dengan membangkitkan ghirah wisata alam serta UMKM, agar produk-produknya mampu bersaing dan merajai pasar.

Pada PKA-8, Lembaga Wali Nanggroe juga memberikan penghargaan budaya kepada sosok-sosok dan tokoh berdedikasi tinggi, yang telah berjasa melestarikan, mengembangkan, dan memajukan kebudayaan di Aceh.

Juara PKA dan Pameran Anjungan

Pada penutupan PKA, panitia juga mengumumkan Kabupaten/Kota yang menjadi juara dalam penyelenggaraan PKA ke-8.

Aceh Selatan menjadi juara pertama atau juara umum yang disusul Aceh Besar (II), Bireun (III), Aceh Barat (harapan I), Aceh Utara (harapan II) dan Kota Banda Aceh (harapan III).

Untuk juara pameran anjungan PKA-8 juga diraih oleh Aceh Selatan. Sementara Aceh Besar, Aceh Tengah, Sabang dan Kabupaten Simeulue menjadi juara kedua hingga harapan tiga.[]

Juara PKA dari masa ke masa

  1. PKA-1 Tahun 1958 juara umum Banda Aceh
  2. PKA-2 Tahun 1972 juara umum Aceh Tengah
  3. PKA-3 Tahun 1988 juara umum Aceh Barat
  4. PKA-4 Tahun 2004 juara umum Aceh Tengah
  5. PKA-5 Tahun 2009 juara umum Aceh Tengah
  6. PKA-6 Tahun 2013 juara umum Aceh Besar
  7. PKA-7 Tahun 2018 juara umum Aceh Selatan
  8. PKA-8 Tahun 2023 juara umum Aceh Selatan
  • Sumber MC PKA-8