Banjir Tenggelamkan Aceh Barat, Jalan dan Jembatan Putus

Jalan antar-desa di Kecamatan Pante Ceureumen, tepatnya di Desa Seumantok putus akibat banjir. Selain memutuskan badan jalan, permukiman juga terendam. (Foto BPBD Aceh Barat for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | MEULABOH – Tidak kurang 40 desa dalam delapan kecamatan di Aceh Barat direndam banjir akibat hujan deras yang mengguyur sejak Senin, 20 November 2023.

“Data sementara ada 40 desa terendam. Kejadiannya dalam waktu berbeda-beda sebagai dampak hujan deras sejak Senin,” kata Kalak BDPD Aceh Barat, Jamal Mirda, Selasa 21 November 2023.

Desa-desa yang terendam banjir berada dalam wilayah delapan kecamatan, yaitu Kecamatan Pante Ceureumen meliputi Desa Cangai, Lawet, Keutambang, Pulau Teungoh, Lango, Manjeng, Seumantok, Berdikari, dan Pulo Tengoh.

Kecamatan Sungai Mas: Desa Sakuy dan Kajeung. Kecamatan Woyla Timur: Desa Pasi Janeng, Blang Dalam, Alue Kuyuen, Blang Makmu, Alue Meuganda, Blang Lah, Rambong Pinto, Pasie Ara, dan Alue Empeuk.

Kecamatan Woya Barat: Desa Napai, Alue Leuhop, dan Muko.

Kecamatan Woyla Induk: Desa Lueng Tanoh Thoe.

Kecamatan Johan Pahlawan: Desa Pasie Leuhan, dan Gampa.

Desa-desa lainnya yang juga terendam berada di Kecamatan Kaway XVI, yaitu Desa Keude Tanjong, Alue Peudeung, Pasie Kumbang, Muko, Babah Meulaboh, Alue Tampak, dan Pasie Jambu.

Banjir juga merendam desa-desa di Kecamatan Meureubo, seperti Desa Tumpok Ladang, Pasie Teungoh, Pasie Aceh Baroh, Pasie Aceh Tunong, Ranup Dong, dan Pasie Mesjid.

“Itu data sementara yang diupdate hinggaSenin sore, 20 November 2023,” kata Kalak BPBD Aceh Barat.

Jembatan gantung rusak

Jembatan gantung yang menghubungkan dua kecamatan di Aceh Barat, yaitu Panton Reue dan Pante Ceureumen rusak parah diterjang banjir.(Foto kiriman warga for Portalnusa.com)

Jembatan gantung penghubung Kecamatan Panton Reu dengan Pante Ceureumen di Aceh Barat nyaris putus diterjang banjir.

“Banjir selain merendam 17 desa di Pante Ceureumen juga menghatam dua abutment penopang struktur jembatan gantung,” kata Camat Pante Ceureumen, Zulkarnaini, Selasa 21 November 2023.

Dijelaskannya, kedua abutment jembatan gantung itu berlokasi di Desa Manggi, Kecamatan Panton Reu dan Desa Menuang Kinco, Kecamatan Pante Cereumen. Namun dari kedua abutment ini, yang amblas di Desa Manggi, sedangkan Desa Menuang Kinco masih kokoh.

“Akibatnya mobilitas masyarakat terganggu, termasuki anak-anak sekolah,” kata Camat Pante Ceureumen.

Tebing longsor jalan amblas

Hujan deras yang mengguyur Aceh Barat pada Senin malam, 20 November 2023 telah mengamblaskan badan jalan di dua titik yaitu di Desa Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumen dan Desa Kajeung, Kecamatan Sungaimas.

Jalan di Desa Kajeung, Kecamatan Sungaimas amblas dan longsor akibat hujan deras. (Foto BPBD Aceh Barat for Portalnusa.com)

Keuchik Kajeung, Suhardi mengatakan hujan deras tidak hanya menimbulkan longsor dan amblas jalan. Bahkan di desanya juga terjadi retakan tanah di rumah milik Muhammad Rom (70), pada bagian dapur.

“Longsor juga menimpa warga namun beruntung tidak jatuh korban jiwa,” kata Suhardi.

Masih menurut Suhardi, jalan antar desa juga lumpuh total akibat amblas atau tertimbun material longsor.

Kalak BPBD Aceh Barat, Jamal Mirda mengatakan, untuk penanganan longsor di sejumlah titik telah dikerahkan tim BPBD ke lokasi.

“Ada beberpa tim yang menuju ke Kajeung, sementara saya bersama tim yang lain masih di Kecamatan Pante Cereumen untuk menangani korban banjir,” kata Jamal.[]