Tim BPBD Aceh Jaya Evakuasi Sejumlah Warga Terjebak Banjir

Salah satu kawasan permukiman yang terendam banjir di Kabupaten Aceh Jaya, Selasa, 21 November 2023. (Foto BPBD Aceh Jaya for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | ACEH JAYA – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Aceh Jaya menyebabkan 28 desa dalam enam kecamatan terendam.

“Ini data sementara yang kita dapatkan, karena kondisi Aceh Jaya terkini masih diguyur hujan namun dalam intensitas rendah,” kata Kalak BPBD Aceh Jaya, Fajri kepada Portalnusa.com ,Selasa sore, 21 November 2023.

Dijelaskannya, kondisi bisa saja berubah sewaktu waktu, karenanya ia mengimbau warga tetap siap siaga menghadapi kondisi yang tidak diharapkan.

“Untuk korban jiwa tidak ada, cuma tadi ada beberapa warga yang kita evakuasi karena terjebak banjir,” kata Fajri.

Desa-desa yang terendam banjir di Aceh Jaya berada dalam wilayah enam kecamatan, yaitu Kecamatan Darul Hikmah: Desa Panton Krueng, Lamteungoh, Gampong Baro, dan Babah Dua.

Kecamatan Setia Bakti: Desa Lhok Bot. Kecamatan Krueng Sabee: Desa Curek, Alue Tho, Ranto Panyang, Buntha, dan Panggong.

Kecamatan Panga: Desa Gle Putoh, Batee Meutudong, Gunong Buloh, Gunong Mantok, Gunong Meulinteung, Panton Krueng, Alue Abed, Babah Ceupan.

Kecamatan Pasie Raya: Desa Pulo Tinggi, Pasie Tubee, Lhok Guci, Tuwie Peuriya dan Tuwie Kareung.

Kecamatan Teunom: Desa Pasie Geulima, Pasie Timon, Blang Baro, Pasie Pawang, dan Rambong Payong.

“Dari pantauan saya tadi di lapangan, banjir merendam permukiman setinggi 20 sampai 150 cm,” ujar Fajri.

Hingga kini tim gabungan BPBD masih terus memantau situasi dan kondisi di lapangan, juga mengerahkan dua unit boat untuk siaga evakuasi.[]