.
.

SMP 19 Percontohan Banda Aceh Laksanakan Lagi Festival Budaya Berlabel Ceudah 2

Pembukan Festival Ceudah 2 di SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh ditandai tabuhan rapa-i oleh Staf Ahli Wali Kota Banda Aceh Iskandar, Kepala SMP Negeri 19 Percontohan Sukmawati, Ketua Komisi IV DPRK Banda Aceh M. Arifin, dan Sekretaris Disdikbud Kota Banda Aceh T. Erwin, Selasa 28 November 2023. (Foto Akramul Muslim/Portalnusa.com)

Laporan Akramul Muslim, Banda Aceh

PORTALNUSA. Com | BANDA ACEH – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banda Aceh menyelenggarakan kembali Festival Ceudah 2 (Creavity of Education Culture, Development, Art and Harmony) di SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Selasa, 28 November 2023.

Kepala SMP Negeri 19 Percontohan Kota Banda Aceh, Sukmawati, S.Pd.,M.Pd. melaporkan, tujuan pelaksanaan Festival Ceudah 2 adalah untuk melestarikan budaya Aceh di kalangan sekolah yang ada di Kota Banda Aceh. Selain itu untuk mendukung program Seudati (Sehari Berbudaya Pasti) Aceh yang di-launching dua tahun lalu oleh Disdikbud Kota Banda Aceh.

“Harapan kami semoga Festival Ceudah 2 ini tetap terlaksana dengan baik dan tetap dipercayakan di SMP 19 Percontohan Banda Aceh. Semoga anak-anak yang ada di Aceh mencintai budayanya,” kata Sukmawati.

Pj Wali Kota kota Banda Aceh diwakili Staf Ahli Wali Kota, Iskandar, S. Sos, M. SI mengatakan, Festival Ceudah 2 menjadi ajang dan kesempatan bagi peserta didik yang ada di Kota Banda Aceh untuk berkreavitas.

“Menurut laporan ada 58 sekolah di Kota Banda Aceh yang mengikuti kegiatan ini, diharapkan ke depan lebih banyak lagi,” kata Iskandar.

Ketua Komisi IV DPRK Banda Aceh, M. Arifin, SE  berharap Pemko Banda Aceh terus berkolaborasi dan mendorong Disdikbud dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk terus berkreasi sehingga hasil kreativitas tersebut bisa menjadi ‘menu’ menarik untuk wisatawan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini agar terus dimajukan dan menjadi panggung bagi siswa-siswi berkreativitas,” kata Arifin.

Sementara itu Sekretaris Disdikbud Kota Banda Aceh, T. Erwin IrhamIrham, SP, M. Si, mengatakan, kegiatan seperti Festival Ceudah ini sangat penting untuk memberikan ruang bagi anak didik berkreasi dan melestarikan kebudayaan lokal yang bernilai luhur. []