Antrean BBM Juga Tak Kalah Parahnya di Nagan Raya

Kendaraan mengantre BBM jenis solar di SPBU Blang Muko, Nagan Raya, Rabu siang, 29 November 2023. (Foto Aguss Salim/Portalnusa.com)

Laporan Agus Agus Salim, Nagan Raya

PORTALNUSA.com | NAGAN RAYA – Antrean BBM tampaknya terjadi merata di hampir seluruh wilayah Aceh, dan kondisinya cenderung bertambah parah. Di Nagan Raya, misalnya, antrean terpantau semakin panjang di SPBU Blang Muko dan SPBU Gunong Cut, Kecamatan Darul Makmur.

Seperti diamati media ini, Rabu, 29 November 2023, antrean kendaraan untuk mengisi bahan bakar jenis solar terjadi dari pukul 10.00 hingga 15.00 WIB. Durasi antrean setiap kendaraan mencapai lebih satu jam.

Baca: Antrean BBM Kembali Mengular, Ada Apa Lagi Ini Pertamina?

“Sebagian besar kendaraan mengisi BBM jenis solar,” kata Sulaiman, salah seorang pengguna mobil yang akan mengisi solar di SPBU Blang Muko.

Selain antrean mobil juga banyak warga yang antre menggunakan jirigen seperti untuk penjualan eceran di kios-kios atau BBM boat untuk nelayan.

Baca: Belum Ada Jawaban Pertamina Terkait Penyebab Berulangnya Antrean BBM

Koordinator SPBU Blang Muko, Joni didampingi rekannya, Oka mengatakan, BBM jenis biosolar yang dipasok Pertamina setiap harinya ke SPBU Blang Muko mencapai 16 ton.

Ditanya kenapa akhir-akhir ini terjadi antrean solar (padahal jumlah pasokan tetap 16 ton sehari), menurut Joni karena kebanyakan kendaraan tidak sabaran. Apalagi kalau stok minyak sudah habis sehingga harus menunggu pasokan baru.

Joni menegaskan, di SPBU Blang Muko pengawasan untuk pengisian BBM sangat ketat, misalnya warga yang diketahui sudah mengisi di SPBU lain tak diizinkan mengisi lagi di SPBU Blang Muko.

Baca: Masyarakat Sudah Jungkir Balik Antre BBM, Kadis ESDM Aceh Baru Akan Rapat

“Yang tidak bisa mempelihatkan barcode, tidak kami layani,” tandas Joni.

Selain di SPBU Blang Muko, antrean panjang kendaraan juga terlihat di SPBU Gunong Cut, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya.[]