Ini Alasan Polisi Kenapa Laga Persiraja vs PSMS tanpa Penonton

Stadion Langsa, tempat digelarnya pertadingan Persiraja vs PSMS tanpa penonton, Sabtu sore, 27 Januari 2024. (Foto Saiful Alam/Portalnusa.com)

Laporan Saiful Alam, Langsa

PORTALNUSA.com | LANGSA – Pertandingan babak 12 besar Liga 2 2023/24 antara Persiraja Banda Aceh dan PSMS Medan di Stadion Langsa, Sabtu, 27 Januari 2024 digelar tanpa penonton karena tak dapat izin dari kepolisian.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Langsa, AKP Dahlan, mengatakan alasan pertandingan itu berlangsung tanpa penonton karena menghindari kerusuhan yang bisa saja terjadi.

“Pertama saat ini kita masih dalam tahapan pemilu dan sedang masuk tahapan kampanye terbuka. Kedua, laga Persiraja Banda Aceh dengan PSMS Medan kerap terjadi kerusuhan, sehingga pertandingan ini berlangsung tanpa penonton,” katanya menjawab Portalnusa.com, Jumat malam, 26 Januari 2024.

Menurutnya, pertandingan antara Persiraja Banda Aceh dan PSMS Medan ditakutkan terjadi kerusuhan. Makanya izin tak dikeluarkan dan tak ada penjualan tiket.

Baca: Tak Dapat Izin Keramaian, Laga Persiraja vs PSMS Digelar tanpa Penonton

Dahlan mengatakan, kebijakan itu juga sudah mendapat persetujuan dari kedua klub yang berada di Liga 2 ini.

Arahan dari Polda Aceh pertandingan ini lebih baik digelar tanpa penonton demi menghindari kerusuhan. Demi mengantisipasi terjadinya chaos. Polres Langsa akan mengerahkan lebih kurang 300 personel untuk mengamankan jalannya pertandingan tersebut,” katanya.

Sanksi dari PSSI

Sikap tegas kepolisian tersebut tidak lepas dari keputusan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI memberi hukuman kepada Persiraja Banda Aceh terkait laga melawan PSMS Medan yang berakhir ricuh di Stadion Harapan Bangsa pada 18 November 2023.

Hasil sidang Komdis PSSI pada 21 dan 22 November 2023, Persiraja dinilai gagal menjalankan tanggung jawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Yang menyebabkan, terganggunya keamanan dan kenyamanan, perangkat pertandingan beserta tim tamu”, bunyi pelanggaran dalam keputusan itu.

Dengan kondisi tersebut, Laskar Rencong mendapat hukuman  dua pertandingan kandang yang harus digelar tanpa penonton. Ditambah denda sebesar Rp 20.000.000.

“Sanksi penutupan seluruh stadion untuk penonton (suporter), sebanyak dua pertandingan saat menjadi tuan rumah, sejak keputusan diterbitkan,” bunyi sanksi yang diberikan.

Adapun laga Persiraja vs PSMS pada 18 November 2023 yang disaksikan puluhan ribu penonton pada lanjutan kompetisi Pegadaian Liga 2 musim 2023/2024, berakhir dengan skor imbang 0-0.[]