Banda Aceh Kembali Terima Piala Adipura, Ini Pesan Wakil Presiden

Kepala DLHK3 Kota Banda Aceh, Hamdani Basyah disaksikan Ketua DPRK Farid Nyak Umar dan Pj Wali Kota Amiruddin menyalami Pasukan Oranye sesaat setelah Piala Adipura tiba di Kota Banda Aceh, Rabu, 6 Maret 2024.(Foto Ist fo Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | JAKARTA – Kota Banda Aceh kembali menerima Anugerah Adipura ke-11 tahun 2023. Atas keberhasilan itu, Wapres RI, Ma’ruf Amin mengucapkan selamat sambil berharap agar penghargaan Adipura memicu semangat mengatasi persoalan sampah.

“Saya harapkan program ini dapat terus diperkaya dengan ragam inovasi, sehingga mampu menyesuaikan dengan dinamika zaman serta perubahan arah kebijakan,” kata Wapres dalam sambutannya di hadapan kepala daerah penerima Adipura—termasuk Pj Wali Kota Banda Aceh—di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Jakarta, Selasa, 5 Maret 2024.

“Ini saya kira menjadi representasi kesungguhan dalam mengatasi persoalan lingkungan pada umumnya, juga persoalan sampah dan ruang terbuka hijau pada khususnya,” ujar Ma’ruf.

Wapres mengatakan, penghargaan Adipura memicu semangat mengatasi persoalan sampah di masing-masing wilayah. Dia juga berharap kota dan kabupaten di Indonesia mampu bersaing secara global.

Anugerah Adipura diserahkan oleh Wakil Menteri LHK, Alue Dohong didampingi Dirjen PSLB3, Rosa Vivien Ratnawati kepada Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Jakarta, Selasa, 5 Maret 2024.

Penghargaan diberikan karena sepanjang 2023 Pemko Banda Aceh dinilai berhasil dalam mengelola kebersihan dan lingkungan hidup wilayahnya.

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar mengatakan, Adipura merupakan agenda nasional yang telah bergulir sejak 1986.

“Adipura merupakan penghargaan bagi kota yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan,” ujarnya.

Adapun pemberian Adipura 2023, dilakukan berdasarkan hasil pemantauan fisik kota, penilaian kinerja pengelolaah sampah dan ruang terbuka hijau (RTH), kondisi operasional dari TPA, serta melihat inovasi yang dilakukan daerah dalam mewujudkan kota bersih, teduh dan berkelanjutan.

Sementara itu, usai menerima penghargaan, Pj Wali Kota Amiruddin didampingi Kepala DLHK3 Banda Aceh Hamdani Basyah mengucapkan rasa syukurnya.

“Alhamdulillah berkat kerja keras segenap elemen kota, kita mampu mempertahankan Piala Adipura dalam dua tahun berturut-turut. Dan ini merupakan Piala Adipura ke-11 untuk Banda Aceh,” katanya.

Dia menambahkan, Piala Adipura 2023 didedikasikan untuk seluruh masyarakat Banda Aceh yang semakin tinggi tingkat kesadarandalam menjaga kebersihan dan keindahan kota.

“Penghargaan ini bukan untuk pemerintah, namun untuk masyarakat. Semoga ke depan, mindset masyarakat kita bisa semakin tinggi dalam menjaga kebersihan,” katanya.

Tak lupa, Amiruddin menyampaikan apresiasi dan terima kasih DLHK3 Banda Aceh, terutama Pasukan Oranye yang telah bekerja siang-malam untuk memastikan kota tetap bersih dan asri.

“Pasukan Oranye yang dikomandoi oleh Pak Hamdani Basyah selaku Kadis adalah pahlawan yang selalu berada di garda terdepan dalam menjaga kebersihan kota kita tercinta,” pungkasnya.[]