Ingin Berbuka dengan Kanji Rumbi? Ayo ke Masjid Jami’ Lueng Bata

Warga mengantre kanji rumbi di Masjid Jami' Lueng Bata, Banda Aceh. (Foto Murdani/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Masjid Jami’ Lueng Bata, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh, memiliki tradisi tahunan yang selalu dilakukan selama bulan Ramadhan. Tradisi tersebut yaitu memasak kuliner kanji rumbi khas Aceh untuk dibagikan secara gratis kepada warga sebagai penganan berbuka puasa.

Proses memasak kanji rumbi dimulai sejak pukul 14.00 WIB oleh juru masak yang telah ditunjuk oleh panitia.

Dengan keahlianya, tukang masak mengolah kanji rumbi dalam sebuah beulangong besar. Campuran rempah khas yang telah diracik terus diaduk dan dicampur sehingga mengeluarkan aroma yang begitu menggoda.

Salah seorang pengurus Masjid Jami’ Lueng Bata, Rahmat Alimin, mengatakan bahwa tradisi memasak kanji rumbi untuk dibagikan kepada masyarakat sudah menjadi tradisi tahunan yang selalu dilaksanakan di masjid tersebut.

Biaya untuk mengolah kanji rumbi ini berasal dari swadaya masyarakat dan tidak hanya dibagikan khusus bagi warga Lueng Bata, tetapi juga kepada siapapun yang ingin menikmatinya saat berbuka puasa.

Proses pembagian kanji rumbi yang sudah dimasak itu berlangsung sejak selesai shalat Ashar. Satu per satu panitia menyerahkan kanji rumbi yang sudah dibungkus kepada warga yang telah mengantre untuk selanjutnya dibawa pulang.

Tradisi ini menjadi bukti nyata tentang kepedulian dan kebersamaan umat muslim di Banda Aceh dalam menjalani ibadah puasa.

Masjid Jami’ Lueng Bata memberikan kontribusi positif dalam memastikan bahwa warga dapat berbuka puasa dengan makanan yang lezat dan bergizi. Selain nikmat, gratis pula.[]