Jumat Pertama Bulan Syawal 1445 H, Masjid Raya Baiturrahman Penuh Sesak

Jamaah shalat Jumat perdana bulan Syawal 1445 H di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, tepatnya pada Lebaran ke-3, 12 April 2024. (Foto Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh penuh sesak dengan jamaah shalat Jumat pertama bulan Syawal 1445 H, tepatnya pada Lebaran ke-3, 12 April 2024.

Pantauan media ini, ruas jalan utama di seputaran Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dipenuhi parkit6 kendaraan  terutama mobil pribadi yang kebanyakan nomor polisi luar daerah bahkan luar provinsi. Sedangkan parkiran basement ditutup untuk kendaraan yang akan masuk sejak sekitar setengah jam sebelum shalat Jumat dimulai.

Baca: Pusat Kota Banda Aceh Masih Lengang pada Hari Ke-3 Idul Fitri

Selain mobil pribadi, ruas jalan di suputaran Masjid Raya Biturrahman juga banyak terlihat bus pariwisata non-BL yang diyakini mengangkut jamaah atau pelancong yang melaksanakan shalat sekaligus wisata religi di masjid yang oleh sebagian tamu dinilai mirip dengan suasana Masjid Nabawi karena payung di halaman (plaza) masjid.

Menjelang pelaksanaan shalat Jumat, plaza yang dilengkapi jejeran payung tersebut dipenuhi oleh ibu-ibu dan kaum perempuan yang beristirahat sambil memantau anak-anak mereka.

Cuaca di Kota Banda Aceh dan sekitarnya sejak menjelang hingga selepas shalat Jumat diwarnai hujan dengan intensitas ringan. Hingga berita ini tayang pada pukul 15.50 WIB, mendukung masih menggayuti cakrawala. []