Pusat Kota Banda Aceh Masih Lengang pada Hari Ke-3 Idul Fitri

Jalan Muhammad Jam, salah satu kawasan perdagangan paling sibuk di Kota Banda Aceh namun masih sepi hingga hari ke-3 Idul Fitri 1445 H, Jumat 12 April 2024 M. (Foto Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pusat Kota Banda Aceh masih terlihat sepi hingga Jumat siang, 12 April 2024 atau bertepatan hari ke-3 Idul Fitri 1445 H.

Suasana sepi itu terlihat antara lain di beberapa pusat perniagaan di pusat Kota Banda Aceh, seperi Jalan Muhammad Jam, Jalan KH Dahlan, Jalan Perdagangan (Tgk Chik Pante Kulu), Jalan Diponegoro, dan kawasan Peunayong, seperti Jalan Panglima Polem.

Di beberapa lintasan tersebut, kalau pun ada aktivitas perdagangan adalah pedagang musiman seperri penjualan mainan anak-anak. Juga terlihat gerobak dorong menjual bakso dan makanan ringan lainnya di depan pertokoan yang masih tutup.

Kedai kopi atau café yang menjadi incaran pecandu kopi mulai buka pada hari ke-3 Idul Fitri, itu pun masih terbatas seperti di Ulee Kareng, kawasan Batoh, Teuku Umar, Daud Beureueh, Lamdingin, Peunayong, dan sejumlah lainnya.

Pada Jumat siang hujan dengan intensitas ringan masih mkengguyur Kota Banda Aceh hingga sebagian masyarakat berkurung di rumah sambil menunggu waktu shalat Jumat.

Konsentrasi masyarakat juga terlihat di sekitar Masjid Raya Baiturrahman yang didominasi masyarakat5 dari luar Banda Aceh terindikasi dari pelat nomor polisi kendaraan (mobil) yang parkir kebanyakan nomor luar daerah.[]