Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Provinsi Aceh Dilantik

Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Provinsi Aceh masa bakti 2023-2028 usai dilantik di Banda Aceh, Sabtu, 27 April 2024. (Dok portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH –Ketua Umum Pengurus Pusat  Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), H. Ismed Hasan Putro  melantik Pengurus  Wilayah Provinsi  Aceh masa bakti 2023-2028 di Banda Aceh, Sabtu, 27 April 2024.

Pengurus yang dilantik itu antara lain, H. Bustami Usman sebagai ketua umum, H. Basri A. Bakar  sekretaris dan Hj. Indriani sebagai bendahara umum.

Dalam arahannya Ismed berpesan agar semua pengurus wilayah dapat besinergi dengan pemerintah daerah untuk mengevaluasi dan perbaikan pelayanan haji.

Dikatakannya, setiap tahun  jemaah haji  sering  mengalami kerisauan, seperti halnya tahun lalu banyak jemaah haji  reguler seharusnya mendapat fasilitas  tenda yang memadai justru tergusur oleh jemaah yang bukan reguler.

Pelayanan konsumsi  juga dinilai belum maksimal, ditambah lagi  pelayanan kesehatan yang sudah bermasalah  sejak di Tanah Air, akibatnya banyak jemaah yang mendarat di Jeddah  seharusnya diberangkatkan  ke Mekkah justru harus dilarikan ke rumah sakit.

Ismed menegaskan hal  itu tidak sepenuhnya kesalahan regulasi  pemerintah, tetapi ada sejumlah perangkat yang mesti ditata secara bersama, tidak mungkin Kementerian Agama dapat menangani semua.

“IPHI di seluruh wilayah  semestinya punya peran besar untuk membangun kesadaran baru bagi  calon jemaah  haji harus betul-betul memiliki kesiapan dan  yang paling penting adalah kesehatan,”  kata Ismed.

Menanggapi hal itu Ketua Umum IPHI Aceh optimis semua persoalan yang dialami jemaah haji perlahan akan teratasi.

“Pengurus periode ini dilengkapi sejumlah tenaga yang sudah berpengalaman di berbagai organisasi dan pemerintahan, ini adalah modal utama yang dimiliki IPHI Aceh, kita berharap semua permasalahan akan dapat diselesaikan,” ujar  Bustami.[]

 

Writer: AlimangeuEditor: Redaksi