Dikukuhkan sebagai Ketua IKA-USK, Ini ‘PR’ untuk Amal Hasan

Wakil Rektor III USK, Prof. Dr. Mustanir. M.Sc menyerahkan pataka alumni kepada Ketua IKA USK, Amal Hasan.SE. M.Si, Senin, 29 April 2024. (Foto Abdul Hadi/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Ikatan Alumni Universitas Syiah Kuala (IKA-USK) diminta terlibat aktif mengisi ruang pembangunan kampus di berbagai bidang, terutama dalam mengayomi alumni hingga bisa konfiden dan berdaya saing global.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor III USK, Prof. Dr. Mustanir. M.Sc saat pengukuhan Pengurus Pusat IKA USK Periode 2024–2029 di Gedung AAC Dayan Dawod, Darussalam, Banda Aceh, Senin, 29 April 2024.

Mustanir berharap para alumni melalui jaringan IKA bisa berkontribusi banyak untuk pengembangan almamater.

“Almamater berasal dari bahasa latin yang bermakna ibu susuan. Artinya melalui IKA kita mencoba berkontribusi kepada ibu susuan kita yang tidak akan pernah kita lupakan, sehingga alumni ini menjadi sinergis dengan apa yang diinginkan oleh almamater,” jelasnya.

Mustanir menambahkan, sejak Oktober 2022 status USK telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) sesuai Peraturan Pemerintah  (PP) Republik Indonesia Nomor 38/2022. Pada pasal 75 ayat 1 hingga 4 jelas disebutkan tentang peran alumni.

PP No.38/2022 tersebut, kata Mustanir merupakan acuan dan pedoman bersama dalam menjalin kemitraan antara pihak kampus dengan alumni, yang sama-sama bertanggungjawab dalam memajukan dan menjaga nama baik USK.

Menurut Mustanir, ada banyak hal yang diharapkan dari alumni, seperti adanya rumah singgah penghubung antara alumni dan mahasiswa sehingga mereka terayomi.

“Alumni harus konfiden dan mampu bersaing secara global dalam berkarya untuk bangsa. Pengalaman alumni perlu ditularkan kepada mahasiswa, sehingga kita saling menguatkan, kejayaan USK tidak lepas dari peran alumni,” tambah Mustanir.

Sementara itu Ketua Umum PP IKA USK, Amal Hasan, SE. M.Si usai pengukuhan menjelaskan, IKA USK sebagai wadah komunikasi antaralumni USK di berbagai bidang dan profesi.

Menurut mantan Direktur Bank Aceh tersebut, keberadaan alumni USK merupakan sebuah potensi besar untuk pembangunan daerah. Pihaknya akan merangkul alumni di berbagai lintas profesi dan bidang untuk memberikan kontribusi positif bagi almamater.

Ikut hadir pada pengukuhan PP IKA USK antara lain Wakil Rektor IV USK Bidang Perencanaan Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Prof. Dr. Ir Taufik Saidi, M.Eng; Direktur Sekolah Pasca Sarjana USK, Prof. Dr. Hizir; Ketua Lembaga Penjamin Mutu, Prof. Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng; Ketua Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Aceh, Prof. Dr. H. Syamsul Rizal, M.Ag; mantan Rektor USK, Prof. Abdi A Wahab; Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK, Prof. Dr. Abdul Jamal, SE, M.Si.

Selain itu juga hadir Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, Brigjen Pol Marzuki Ali Basyah; Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh, Yusri; mantan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman; para kepala dinas, dekan da wakil dekan se-USK, para ketua IKA Falultas se-USK, serta para ketua BEM di lingkungan USK.[]