Buka Gelar TTG 2024 di Nagan Raya, Ini Pesan Pj Gubernur Aceh

Penjabat Gubernur Aceh, Bustami didampingi istrinya, Mellani Subarni dan Kepala DPMG Aceh, Zulkifli menerima cinderamata berupa plakat kayu bertuliskan nama Bustami Hamzah, SE, M.Si dariPj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas pada pembukaan Gelar TTG XXV Tingkat Provinsi Aceh di Alun Alun Sukamakmu, Nagan Raya, Kamis malam, 9 Mei 2024. (Foto Humas Pemerintah Aceh)

PORTALNUSA.com | SUKAMAKMUE – Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XXV Tingkat Provinsi Aceh yang berlangsung di Nagan Raya dibuka secara resmi oleh Pj Gubernur Aceh, Bustami, Kamis malam, 9 Mei 2024.

“TTG merupakan upaya untuk mengembangkan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan lokal dan mempromosikan inovasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Bustami dalam sambutannya ketika membuka kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Nagan Raya.

Dikatakan Bustami, kegiatan ini sangat tepat untuk memberdayakan masyarakat dan menghargai kearifan lokal. Secara keseluruhan, Gelar TTG merupakan langkah konkret dalam menggabungkan pengetahuan tradisional dengan teknologi modern untuk menciptakan solusi yang efektif dan berkelanjutan bagi kemajuan Indonesia dan Aceh khususnya.

Baca: Stand Aceh Besar di Arena TTG Aceh Layaknya Magnet Menyedot Pengunjung

Gelar TTG 2024 diikuti 14 kabupaten/kota dengan jumlah alat yang diperlombakan sebanyak 43 alat. Ada 11 Posyantek yang telah mengikuti Lomba Posyantek berprestasi.

Panitia dan juri telah menentukan pemenang dari lomba ini, dan telah diserahkan penghargaan kepada para pemenang. Juara I tingkat provinsi akan diseleksi untuk mengikuti lomba serupa tingkat nasional.

“Para pemenang di tingkat nasional nantinya akan mengikuti Gelar TTG Nusantara di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Juli 2024,” kata Gubernur.

“Atas nama Pemerintah Aceh, kami mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba, semoga semakin termotivasi dan bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya. Kepada yang belum beruntung jangan berkecil hati tetaplah berinovasi menghasilkan karya-karya yang semakin baik ke depannya,” kata Bustami.

Dalam sambutannya, Gubernur juga mengingatkan para pemangku kebijakan terkait, agar segera melakukan standardisasi dan perlindungan hak cipta/hak paten, serta memberikan fasilitasi pemasaran terhadap alat-alat yang menjadi pemenang pada gelaran TTG tahun ini.

Bustami mencontohkan alat pengraut lidi kelapa sawit dari Kabupaten Nagan Raya yang memenangkan Gelar TTG 2021. Sertifikat paten untuk alat tersebut direncanakan akan diserahkan oleh Pejabat Kemenkumham RI pada pertengahan Mei 2024 di Banda Aceh.

“Harapan kami, alat-alat teknologi tepat guna yang dikembangkan sesuai dengan struktur sosial dan kultur masyarakat yang membutuhkannya, sehingga dapat memenuhi dan menjawab permasalahan masyarakat, serta sesuai dengan karakteristik masyarakat,” ujar Gubernur Bustami yang hadir bersama istrinya, Mellani Subarni pada pembukaan Gelar TTG Aceh di Nagan Raya.

Bersamaan dengan pembukaan Gelar TTG 2024, Bustami juga mengucapkan selamat HUT ke-22 Kabupaten Nagan Raya. “Semoga Kabupaten Nagan Raya semakin jaya dan sejahtera ke depannya,” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Zulkifli selaku Ketua Panitia Gelar TTG 2024 dalam laporannya menjelaskan, Gelar TTG merupakan agenda nasional yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional.

Seremonial pembukaan TTG XXV Aceh turut disaksikan ribuan warga Nagan Raya dan sekitarnya. Juga hadir pada acara itu Wakil Ketua DPRA Teuku Raja Keumangan, ulama kharismatik Aceh Tgk Muhammad Yusuf A Wahab, serta seluruh bupati/wali kota serta Ketua TP PKK kabupaten/kota se-Aceh.

Meski sempat diguyur hujan, namun pembukaan Gelar TTG XXV Aceh berlangsung meriah. []