Kapolda Aceh Kerahkan 10.085 Personel Gabungan Untuk Amankan PON XXI

Kapolda Aceh bersama Pangdam IM saat pengecekan kesiapan pasukan jelang PON XXI, Jumat, 30 Agustus 2024.

PORTALNUSA.com |BANDA ACEH — Kapolda Aceh, Irjen Pol. Achmad Kartiko menggelar apel pasukan Operasi Po Meurah Seulawah 2024 di lapangan Mapolda Aceh, Jumat, 30 Agustus 2024.

Gelar pasukan tersebut  dilaksanakan untuk kesiapan personel dalam mengamankan PON  XXI Aceh-Sumut, September 2024 mendatang.



Dalam sambutannya Kapolda menyebutkan,  Provinsi Aceh telah terpilih untuk menjadi tuan rumah event olahraga tingkat nasional, yaitu PON XXI Aceh-Sumut  yang merupakan kebanggaan bagi seluruh masyarakat Aceh.

Karenanya kata Achmad Kartiko, Polda Aceh dan jajaran  didukung  TNI, Basarnas dan Satpol PP akan melaksanakan operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi ‘Po Meurah Seulawah-2024’ untuk mengamankan jalannya pelaksanaan PON XXI tersebut.

“Operasi ini akan dilaksanakan selama 24 hari  mulai 29 Agustu hingga 21 September 2024  dengan mengedepankan tindakan pre-emtif dan preventif yang didukung dengan kegiatan deteksi serta penegakan hukum guna mengamankan seluruh rangkaian baik sebelum, pada saat maupun sesudah PON berlangsung,” kata Achmad Kartiko.

Operasi itusebut Kapolda  bertujuan untuk menjamin keamanan dan keselamatan seluruh pihak yang terlibat, termasuk para atlet, official, panitia, serta masyarakat atau suporter yang dengan menerapkan pengamanan  terbuka dan tertutup terhadap seluruh rangkaian kegiatan.

Dilanjutkan, dalam pengamanan nantinya akan dihadapi berbagai tantangan yang tidak hanya datang dari segi teknis, tetapi juga dari segi sosial dan budaya yang dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan PON. Untuk itu, seluruh jajaran diingatkan agar meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan stakeholder  serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan sitkamtibmas yang kondusif.

Operasi itu juga mencakup pengamanan sepuluh kabupatendan kota, 49 venue, 33 cabor dan 42 pos pam dengan melibatkan 10.085 personel gabungan yang terdiri dari 4.579 personel Polri, 4.190 personel TNI, 1.154 Satpol PP dan 162 personel Basarnas.

Tugas dalam operasi  lanjut Kapolda adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, dedikasi, loyalitas, serta kerja keras untuk  memastikan pelaksanaan PON XXI  akan berlangsung dengan aman, lancar, dan sukses.

Terakhir,  diminta kepada personel untuk melaksanakan penegakan hukum secara tegas dengan  tetap humanis dan sesuai prosedur serta merespon cepat jika terjadi situasi darurat dan selalu siap memberikan dukungan maksimal.[]

Penulis: MeylindaEditor: Redaksi